Mohon tunggu...
Lensa Karana Media
Lensa Karana Media Mohon Tunggu... Penulis - Media komunikasi Pramuka Banyuwangi

Akun official Lensa Karana Media untuk semua informasi tentang Pramuka Banyuwangi dan Nasional serta informasi positif lainnya, info Update liputan kontak 085236662268

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Istimewa, Kwarran Songgon Canangkan Program Kampung Pramuka Banyuwangi

15 Oktober 2018   15:01 Diperbarui: 15 Oktober 2018   15:36 426
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BANYUWANGI, LENSAKARANA.com -- Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Songgon membuat terobosan Jambore Ranting ke-16 dengan tema menyiapkan generasi ceria yang syarat prestasi dan berkarakater bangsa.

Mulai Jumat hingga Minggu (12-14/10/2018) bertempat di Bumi Perkemahan Mondoleko, Sragi, jambore diikuti lebih kurang 576 orang berasal dari dari utusan 32 gugusdepan, mulai SD hingga SMP yang ada di wilayah kecamatan Songgon.

"Karena ini merupakan kegiatan pesta Pramuka tingkat penggalang, maka kegiatan yang dilakukan dalam Jambore ini sangat variatif, antara lain dinamika regu, dinamika kelompok ataupun pasukan. Semua itu, untuk membentuk karakter adik-adik penggalang sesuai kurikulum 2013 yang mengamanatkan Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib di setiap gugus depan," ujar Irwanto, Wakil Ketua Panitia Jambore Ranting Songgon ke-16 saat ditemui Lensa Karana, Minggu (14/10/2018).

Semoga, kata Irwanto, dengan diadakannya kegiatan ini para peserta bisa meningkatkan kedisiplinan, kepemimpinan, dan kemandirian di gugusdepan masing-masing, selain itu juga para peserta diharapkan bisa mengamalkan kode kehormatan pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Darma.

Dia menambahkan, walaupun pada malam api unggun sempat terjadi sedikit insiden yang disebabkan kembang api, hal itu bisa cepat diselesaikan karena panitia sudah bekerja sama dengan pihak Puskesmas Songgon.

"Harapan kedepannya untuk Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Songgon, bisa menjadi kampung Pramuka Banyuwangi yang telah dicanangkan mulai tahun 2017. Mungkin diawali dengan kegiatan ini sehingga bisa menumbuhkan ide-ide baru dan cepat direalisasikan. Kami akan melaksanakan kegiatan pertemuan pembina, Dianpinru, serta Kursus Mahir bagi setiap pembina di gugusdepan se Kwartir Ranting Songgon," pungkasnya.

Kurniawan Putra Pertama, salah satu peserta jambore dari gugusdepan SMP Negeri 3 Songgon mengatakan, dia menilai jambore ini sangat menyenangkan dan menambah pengalaman, karena kegiatan-kegiatannya sangat bermanfaat terutama menjaga tali persaudaraan antar Pramuka di gugusdepan se Kecamatan Songgon.

"Harapan untuk Pramuka Kwartir Ranting Songgon adalah tetap semangat dan terus berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan Pramuka di Kwartir Ranting Songgon," imbuhnya.

Penulis : Destyan Nico P

Editor: Mohamad Arif Fajartono

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun