Mohon tunggu...
Lensa Karana Media
Lensa Karana Media Mohon Tunggu...

Akun official Lensa Karana Media untuk semua informasi tentang Pramuka Banyuwangi dan Nasional serta informasi positif lainnya, info Update liputan kontak 085236662268

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kemah Akbar Pramuka SMAN 1 Banyuwangi 2018 "Curi Hati" Masyarakat dengan Bakti Sosial dan Penghijauan

10 April 2018   09:56 Diperbarui: 10 April 2018   10:11 0 1 1 Mohon Tunggu...
Kemah Akbar Pramuka SMAN 1 Banyuwangi 2018 "Curi Hati" Masyarakat dengan Bakti Sosial dan Penghijauan
Dokpri

BANYUWANGI, Kwarcab Banyuwangi -- Perkemahan Akbar SMAN 1 Banyuwangi di Lapangan Perkebunan Kalibendo, ditutup dengan kegiatan penanaman pohon dan bakti sosial.

Tanggapan positif didapatkan dari masyarakat sekitar, petugas perkebunan, maupun peserta. Penanaman pohon yang dilakukan oleh Pangkalan SMAN 1 Banyuwangi, Ambalan Minak Jinggo - Sayowiwit ini merupakan kegiatan perdana di Bumi Perkebunan Kalibendo.

"Selanjutnya mungkin akan ada tindak lanjut dari pihak SMA Negeri 1 Banyuwangi. Karena rencana dari pihak Perkebunan Kalibendo akan banyak ditanam tanaman-tanaman yang sejenis di tempat itu. Kegiatan ini sangat baik, karena Pramuka dari pangkalan SMA Negeri 1 Banyuwangi peduli terhadap lingkungan."

"Disamping itu, penghijauan juga dapat menjadi penahan erosi. Saya selaku perwakilan petugas Perkebunan Kalibendo berterima kasih karena dalam kegiatan ini kami merasa diperhatikan. Semoga ini berkelanjutan, kami harap banyak pramuka lainnya yang melanjutkan kegiatan penanaman pohon," papar Hari Yudiyanto, Petugas Wisata Kalibendo saat ditemui Tim Lensa Karana, Minggu (8/4/2018).

Penanaman pohon dapat memajukan pariwisata Kalibendo dan dapat menjadi penyemangat bagi kaum muda di Kalibendo dalam kegiatan kepramukaan. Manfaatnya dapat menjadikan jiwa peserta perkemahan untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar, agar menjadi pribadi yang lebih baik

Kiah, istri Kepala Dusun Kampunganyar saat ditemui lensa karana mengaku, perkemahan SMA Negeri 1 Banyuwangi lebih baik, karena tidak adanya sampah--sampah yang berserakan.

"Warga sekitar sangat antusias dengan diadakannya perkemahan, karena lingkungan sekitar menjadi lebih ramai dengan kedatangan para walimurid yang menjenguk anak--anak mereka. Dengan begitu, juga akan banyak orang yang mengetahui objek pariwisata yang ada di Kalibendo," ungkap Kiah.

Dengan terlaksananya kegiatan perkemahan ini, diharapkan banyak yang menyadari arti penting penghijauan. Karena banyak manfaat yang dirasakan masyarakat maupun lingkungan sekitar. Terlebih lagi, itu merupakan salah satu dari implementasi Dasadarma Pramuka kedua yang dapat membentuk sikap manusia pembangunan yang berjiwa pancasila.

Penulis :

Dio Januarti R

Destyan Nico P

Editor  :

Mohamad Arif Fajartono