Mohon tunggu...
Kusworo
Kusworo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penjelajah Bumi Allah Azza wa Jalla Yang Maha Luas Dan Indah

Pecinta Dan Penikmat Perjalanan Sambil Mentadaburi Alam Ciptaan Allah Swt

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

"Todgha Gorge" Misteri Keindahan Tersembunyi

8 Oktober 2021   05:30 Diperbarui: 8 Oktober 2021   06:56 244 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Todgha Gorge - Ngarai Todgha Misteri Keindahan Tersembunyi (Dok.Pinterest)

Point of Journey to Marocco-Spain : 7

"Sebuah mistery tempat indah tersembunyi diantara keheningan jalan antara Ouarzazate menuju Merzouga, di Marocco sana. Erosi air sungai, panas, dingin,  hujan dan angin yang terjadi beratus tahun lalu membuat kreasi alam tersendiri.  Membentuk dan melukis diri menjadi sebuah Ngarai yang kokoh nan indah. Dulu tak banyak orang yang tahu. Dulu tak banyak orang yang peduli.  Tapi kini Todgha Gorge atau Ngarai Todgha menjadi sesuatu yang dicari dan diminati"

 

Jalur pegunungan dan lembah-lembah diantara batu pasir dan kapur kami lalui. Warna kemerahan dan kuning emas dari pegunungan dan bukit mendominasi panorama sepanjang perjalanan.  Pegunungan dan bukit pasir berkontur batu dan kapur yang dikikis hujan, air dan angin membentuk karakter pegunungan yang unik nyaris tak sama di semua wilayah.

Dibeberapa lembah terlihat hijau dengan perkebunan kurma dan sayuran atau hanya sekedar tumbuhan liar yang tumbuh tak teratur. Beberapa perkampungan dengan rumah-rumahnya berbentuk Kasbah menjadi hiasan tersendiri yang menjadi bukti bahwa banyak kehidupan di wilayah yang sangat sepi ini. Inilah gambaran perjalanan kami dari Ouarzazate menuju Merzouga. Sebuah desa kecil di pinggiran gunung Sahara.

On the Way to Todgha Gorge (Dok.Pribadi)
On the Way to Todgha Gorge (Dok.Pribadi)

Sebelum tiba di Merzouga kami mampir di sebuah ngarai  indah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke tempat ini. Sesuatu yang dulunya misteri. Sesuatu yang dulunya tersembunyi. Sesuatu yang dulunya tak dipeduli. Tapi kini dicari dan diminati "Ngarai Todgha (Todgha Gorge).

 Ngarai atau Canyon dalam bahasa Inggris Amerika atau Canon dalam bahasa Spanyol, adalah sebuah lembah dalam, bersisi terjal yang terbentuk akibat erosi aliran sungai.  Dapat juga kita artikan sebagai lembah yang dalam dan sempit dengan lereng yang sangat curam.

Ngarai sungai terbentuk karena adanya tekanan air sungai yang membelah dasar sungai. Sedimen dari dasar sungai terbawa ke hilir kemudian menciptakan saluran yang dalam dan sempit.

Pembentukan sebuah ngarai juga bisa dikontribusi dari pelapukan dan erosi tanah. Prosesnya dimulai dengan pembekuan rembesan air dicelah-celah batu dimusim dingin. Kemudian mengembang membentuk es. Tekanan es memaksa retakan menjadi lebih besar dan semakin besar lagi yang mengikis potongan-potonganbatu dalam prosesnya.

Ketika hujan lebat, air mulai mengalir di celah-celah, mengikis lebih banyak bebatuan yang ada disekitarnya. Hal ini mengakibatkan lebih banyak batu yang runtuh dan jatuh dan ngarai tumbuh lebih besar diatas dari pada bagian bawah.

Ngarai Todgha Indah Mempesona (Dok.Pribadi +Wikipedia)
Ngarai Todgha Indah Mempesona (Dok.Pribadi +Wikipedia)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan