Mohon tunggu...
Kusmini
Kusmini Mohon Tunggu... Guru - PENDIDIKAN

SMP NEGERI 1 BANDUNG JAWA TIMUR

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hari Guru Menjadi Momen Refleksi dalam Mengabdi untuk Bangsa dan Negara

24 November 2023   23:58 Diperbarui: 25 November 2023   01:33 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

Selamat Hari Guru Nasional!

"Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar

Luar biasa bangga dan bahagia setiap tahun perayaan hari guru selalu ada yang beda dan semakin berkesan. Bagaimana tidak, bahwasannya pemerintah benar-benar berupaya mensejahterakan guru di Indonesia dengan segala kebijakannya. Mu diyakini atau tidak kesejahteraan para guru menjadi tolak ukur kepedulian pemerintah. Memang sudah sepantasnya perjuangan para dalam mendidik generasi penerus bangsa sebanding dengan haknya yaitu kesejahteraan.

Kita tahu bersama bahwa upaya pemerintah untuk memberikan hak para guru tidak melalui CASN lagi namun melalui PPPK. PPPK adalah guru dengan perjanjin kontrak kerja. Meski banyak perbedaan dengan PNS namun PPPK ini memang mampu meningkatkan kesejahteraan para guru tang memang menjadi haknya.

Tuntutan mengenai kewajiban guru mulai dari administrasi hingga pengajaran di dalam kelas sudah sangat menyita pikiran, waktu dan biaya. Masih ada guru yang rela merogoh kocek pribadi untuk memenuhi kewajibannya dalam menyediakan adminstrasi misal membuat modul ajar, pelatihan, hingga kegiatn yang ada hubungannya dengan peserta didik. 

Kalau seandainya dibuat sampel survei mengenai keadaan di lapangan sekarang. Pastinya dengung kebahagiaan para guru wujud atas syukur karena pemerintah telah memberi kesempatan mereka mendapat NIP dan kesejahteraan. Di tahun ini 2023, pemerintah telah mengentaskan hampir 75% guru dari ketidakpastian nasib. Walaupun pemerintah masih memiliki PR atas nasib para guru yang masih tertinggal pada perekrutan PPPK hingga yang ke 4 kalinya mulai dari tahun 2021 hingga tahun 2023.

Sebagai pendidik tentunya sangat bangga karena pemerintah mengapresiasi kinerja guru yang memang dibutuhkan untuk mengajar pada sekolah-sekolah yang tersebar pada seluruh Indonesia ini. 

Kinerja pemerintah ini memang didasari kolaborasi atau kerjasama antar pihak terkait. Mulai dari Kementerian Pendidikan, DPR Komisi terkait Pendidikan dan Pengadaan Kepegawaian, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), dan Pemerintah Daerah. Kerja sama yang bagus sehingga terealisasi dengan baik. Walaupun masih menyisakan banyak guru dan merasa kurang mendapatkan keadilan karena sama-sama mengabdi untuk negeri. Namun setidaknya upaya sudah terlihat hasinya.

Mengingat pemerintah telah berjuang sedemikian, apakah ada perbedaan semangat mengajar oleh para guru? Atau malah kesempatan karena sudah merasa mendapat jaminan keejahteraan dan pengakuan pengabdian malah menuru?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun