Nama : Kurnia Yoga Pratama
Nim : 192180048
Kelas : 4 B
Artikel jurnal ipa pendekatan tematik terpadu Pembelajaran IPA dengan tema Perintiwa Alam dengan menggunakan Pendekatan tematik Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), pada tingkat pendidikan dasar Dipandang sebagai tahap awal upaya formal untuk memberikan bekal Kemampuan pemahaman tentang IPA kepada siswa. Siswa yang berkualitas Adalah siswa yang anatara lain mampu berpikir kritis, kreatif, logis dan berinisiatif Dalam menghadapi berbagai masalah dalam masyarakat, sebagai dampak Perkembangan IPA dan teknologi. Hal tersebut diperkuat oleh BNSP (2006:124) Yang mengemukakan bahwa Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran Yang mengkaji tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya Penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, Atau prisip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan.
Pembelajaran IPA akan lebih bermakna jika disajikan dengan menarik Dan menggunakan pendekatan, metoda, serta alat peraga sebagaimana menurut Piaget bahwa usia 7- 12 tahun merupakan tingkat permulaan berfikir rasional dan Mulai mengatur data kedalam hubungan-hubungan logis dan mendapatkan Kemudahan dalam memanipulasi data dalam situasi pemecahan masalah.Â
Materi Peristiwa Alam di kelas 1 SD meliputi tanda-tanda musim hujan Termasuk peristiwa terjadinya hujan. Ciri-ciri musim kemarau keadaan suhu Kedua musim tersebut termasuk akibatnya. Cara berpakaian dan jenis pakaian Yang digunakan sangat di pengaruhi oleh keadaan cuaca, begitu pula dengan Kehidupan dan kegiatanmanusia seperti bertani, berlayar, dan kegiatan lain yang Dipengaruhi oleh cuaca dan iklim. Yaitu:
- Perubahan Penampakan Bumi
- Penampakan Matahari
- Penampakan Bulan
- Penampakan Bintang
Berdasarkan teori belajar tersebut pembelajaran yang diberikan di SD Harus memenuhi kebutuhan siswa dan disesuaikan dengan tingkat Perkembangan berfikir siswa. Dalam penelitian ini, untuk meningkatkan Pemahaman, aktivitas, dan meningkatkan belajar siswa maka digunakan Pendekatan tematik. Pemilihan pendekatan pembelajaran dalam penelitian ini di Dasarkan atas hasil penelitian Sukaesih (2004) dengan tema "pembelajaran Terapadu dengan jaring laba-laba (Webbed) dalam upaya meningkatkan hasil Belajar Matematilka, Bahasa Indonesia, dan IPA"; dan penelitian yang dilakukan Sumarno (Tesis, 2001) dengan tema "pembelajaran terpadu model Webbed (jaring laba-laba) dengan tema krisis Energi untuk meningkatkan pemahaman Konsep dan siswa di sekolah dasar". Dengan demikian, hipotesis tindakan yang disajikan dalam penelitian ini Adalah "Jika pendekatan tematik diterapkan dalam pembelajaran IPA tema Peristiwa alam di kelas 1 SDN Balekambang 3 kecamatan Majalaya maka akan Meningkatkan pemahaman, aktifitas dan hasil belajar".
- PERMASALAHAN
Berdasarkan uraian latar belakang masalah diatas secara umum Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas Pembelajaran IPA dengan pendekatan tematik peristiwa alam dikelas 1 SD. Dari Permasalahan pokok diatas selanjutnya dijabarkan dalam pernyataan berikut:
- Bagaimana langah-langkah pembelajaran tematik tema peristiwa alamDikelas 1 SD?
- Bagaimana aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran pendekatan tematik Tema peristiwa alam kelas 1 SD?
- Bagaimana hasil siswa melakukan pembelajaran pendekatan tematik dengan Peristiwa alam dikelas 1 SD?
Penulis : Kurnia Yoga Pratama