Mohon tunggu...
Gerardus Kuma
Gerardus Kuma Mohon Tunggu... Non Scholae Sed Vitae Discimus

Gerardus Kuma. Pernah belajar di STKIP St. Paulus Ruteng-Flores. Suka membaca dan menulis. Tertarik dengan pendidikan dan politik. Dan menulis tentang kedua bidang.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

SMPN 3 Wulanggitang Membuka Penerimaan Peserta Didik Baru

20 Juni 2021   14:36 Diperbarui: 20 Juni 2021   14:39 96 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
SMPN 3 Wulanggitang Membuka Penerimaan Peserta Didik Baru
SMP Negeri 3 Wulanggitang. Dok.pribadi

Lembaga pendidikan SMP Negeri 3 Wulanggitang yang berada di desa Hewa, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, NTT membuka penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2021/ 2022. Penerimaan peserta didik baru ini dibuka tanggal 16 -- 25 Juni 2021.

Pendaftaran siswa baru dilakukan secara offline. Di mana pendaftaran bisa dilakukan di sekretariat penerimaan siswa baru, dengan alamat SMPN 3 Wulanggitang, desa Hewa, Kecamatan Wulanggitang. Pendaftaran dilakukan setiap jam kerja, pkl. 08.00 -- 12.00 WITA. Atau bisa dilakukan di setiap desa di mana ada guru SMPN 3 Wulanggitang berdomisili di desa tersebut.

Untuk menyukseskan kegiatan penerimaan peserta didik baru ini, sekolah membentuk panitian penerimaan peserta didik baru. Susunan kepanitiaan PPDB SMPN 3 Wulanggitang adalah sebagai berikut: Penanggungjawab umum: Kepala Sekolah, panitia Ketua: Yohana J. I. Uran, S.Pd, sekretaris: Marselinus Ribu Hodo, S.Kom, bendahara: Maria Glejor Soge, dan anggota: pegawai tata usaha SMPN 3 Wulanggitang.

Bagi siswa yang mendaftarkan diri di SMPN 3 Wulanggitang perlu memperhatikan persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi. Sebagaigamana dikatakan Ketua Panitia PPDB SMPN 3 Wulanggitang, Yohana J. I. Uran, S.Pd, persyaratan siswa baru dikategorikan dalam persyaratan umum dan peryaratan khusus. Persyaratan umum adalah calon siswa adalah tamatan SD/ MI atau sederajat, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian dan berkelakuan baik, usia pada saat pendaftaran maksimal 15 tahun, dan bersedia dididik di SMPN 3 Wulanggitang.

Persyaratan khusus adalah mengisi formulir yang disiapkan oleh panitia PPDB, menyerahkan FC ijasah dan SKHUN yang telah dilegalisir atau surat tanda kelulusan dari SD, menyerahkan buku laporan pendidikan SD, menyerahkan 1 lembar FC akta kelahiran/ Surat Permandian, menyerahkan 1 lembar FC akta keluarga, menyerahkan 1 lembar FC kartu perlindungan sosial/ SKTM, menyerahkan 1 lembar FC kartu Program Indonesia Pintar bagi yang memiliki. Semua berkas persyaratan tersebut di atas diserahkan ke panitia dalam map biasa warna kuning.

Sementara Kepala SMPN 3 Wulanggitang, Kristina Sabu Punang, S.Pd mengatakankan penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2021/ 2022 menggunakan sistem zonasi. Pembagian zonasi ini dilakukan oleh Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olaharaga kabupaten Flores Timur. Berdasarkan zonasi tersebut, SMPN 3 Wulanggitang menerima siswa tamatan dari tujuh sekolah dasar.

"Berdasarkan pembagian sistem zonasi oleh dinas PKO kabupaten Flores Timur, SMPN 3 Wulanggitang menerima siswa baru dari tujuh SD yang ada di kecamatan Wulanggitang dan Ile Bura. Sekolah dasar tersebut adalah SDK Hewa, SDI Pantai Oa, SDK Kokang, SDI Tabana, SDK Duang, SDK Riang Baring, dan SDI Buranilan," jelas Kris Punang.

SMPN 3 Wulanggitang merupakan lembaga pendidikan negeri yang berdiri pada tahun 2003. Sekolah ini berada di desa Hewa, kecamatan Wulanggitang. Walau berada di desa, SMPN 3 Wulanggitang terus berbenah dalam menyiapkan generasi masa depan yang unggul dan berdaya saing.

Sejak berdiri hingga kini lembaga ini telah "melahirkan" ribuan alumni yang berkarya di berbagai bidang dan tempat. Salah satu alumni yang merupakan angkatan pertama terpilih menjadi imam Tuhan dan tabiskan tahun 2020 lalu.

Pembelajaran di SMPN 3 Wulanggitang menggunakan kurikulum nasional 2013. Proses pembelajaran dibimbing oleh para pendidik yang professional. SMPN 3 Wulanggitang memiliki 22 tenaga pendidik yang mengampu 10 mata pelajaran sesuai dengan bidang ilmunya. Dari 22 guru ini, 21 guru adalah sarjana dan 1 guru berijasah D-III.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x