Mohon tunggu...
Kucing The Explorer
Kucing The Explorer Mohon Tunggu...

Panggil Aku Kucing, Follow IG aku yach @KucingTheExplorer Terus Jangan Lupa mampir Di Blog Aku https://kucingtheexplorer.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pepiting Balikpapan, UMKM Khas Kalimantan dari Olahan Kepiting

8 Desember 2018   21:10 Diperbarui: 8 Desember 2018   23:01 317 0 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pepiting Balikpapan, UMKM Khas Kalimantan dari Olahan Kepiting
Pepiting Balikpapan

Balikpapan adalah surga bagi para pencinta kepiting . Belum lengkap rasanya perjalanan para pelancong jika tidak merasakan olahan Kepiting yang ada di Balikpapan .Banyak Restoran dan rumah makan di Balikpapan yang menu utamanya adalah kepiting seperti Restoran dandito , Restoran Kepiting Kenari , Rumah Makan Torani dan masih banyak lagi. 

Melihat Peluang Usaha  Dari Olahan Kepiting membuat para pelaku usaha yang ada di Balikpapan saling membuat berbagai inovasi Dalam menciptakan Peluang Berwirausaha  untuk meningkatkan potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)  yang mereka kelola. Potensi UMKM di Balikpapan sangat pesat dan cukup menjanjikan hanya saja mungkin sedikit terkendala cara pemasarannya. Para pelaku usaha juga dituntut untuk selalu menjaga konsistensi kualitas produk yang mereka miliki , harganya juga harus terjangkau sesuai kualitas produknya  dan harus lebih aktif memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk melalui social media . Kepiting merupakan salah satu dari peluang usaha yang sangat menjanjikan di kota Balikpapan . Kota Balikpapan berada di pesisir timur Kalimantan yang berbatasan langsung dengan selat makassar .

Jika kalian baru pertama kali berkunjung atau singgah di Kota Balikpapan , pasti kalian sering mendapati  Toko atau gerai-gerai yang menjajakan Amplang di sepanjang  Jalan menuju  Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman antara  jalan Marsma Iswahyudi  sampai jalan jenderal sudirman.

Di Balikpapan Memang  banyak ditemui Oleh-oleh khas Balikpapan Berupa Amplang . Tapi Bukan Berarti Oleh-oleh khas Balikpapan hanya amplang saja namun ada Oleh-oleh khas Kalimantan  dari kota balikpapan berupa Pepes Kepiting , dan ada juga peyek kepiting  . Dan Pepiting Balikpapan adalah Salah satu UMKM Balikpapan yang memanfaatkan kepiting sebagai bahan utama usahanya. 

Singkatan dari  Pepes Kepiting  Dari Kalimantan Timur  yang di bungkus dengan lezatnya bumbu rempah Indonesia dengan kelezatan tak terhingga khas tradisional Balikpapan . 

Proses Pembuatannya yaitu dengan cara di panggang . Logo yang digunakan oleh Pepeting adalah Gambar Motif Batik Ampiek yaitu batik Khas Kalimantan timur . Dan Menurut Bang Yoga Pratama , Selaku Owner Pepeting Balikpapan , Bahan Dasar Yang Digunakan adalah Kepiting Soka . Kepiting Soka dipilih karena  dagingnya rendah lemak , tinggi protein serta sumber niacin , folate dan potassium , vitamin B12 , Phosporous , zinc , copper dan selenium yang berfungsi untuk mencegah kanker  dan perusakan  kromosom , serta meningkatkan daya tahan terhadap infeksi virus dan bakteri . 

Usut Punya Usut  kepiting soka memang sangat digemari oleh pencinta kuliner sea food karena kepiting lunak /soka , selain tidak repot ketika memakannya  soalnya kulitnya tidak perlu disisihkan lagi  , dan  nilai nutrsinya juga lebih tinggi, terutama kandungan chitosan dan karotenoid  yang biasa terdapat pada kulit kepiting dan berfungsi menyerap lemak dan kolesterol .

Pepiting Balikpapan
Pepiting Balikpapan
Pepiting Balikpapan berawal dari Keinginan Bang Yoga Pratama untuk berwirausaha dan mulailah usahanya resmi dibuka pada tanggal 20 Desember 2014  . Bang Yoga Melihat Potensi kekayaan alam laut Balikpapan yang begitu melimpah , terutama kepiting . Balikpapan dari dulu memang terkenal banged dengan yang namanya kepiting . 

Artis-artis ibu kota jika sedang berkunjung ke Balikpapan selalu mampir ke tempat makan yang menyediakan kepiting . Kalau orang ke Balikpapan , pasti deh singgah untuk makan kepiting dulu. Nah kalo biasanya makan kepiting itu ribet dan susah makanya bang yoga mengusulkan untuk membuat pepes kepiting tanpa perlu lagi merepotkan konsumennya karena dikemas tanpa cangkang . Isi Pepiting tersebut benar-benar daging semua . Bumbunya memiliki rasa yang sangat khas tradisional balikpapan.menurut bang yoga Kepiting yang digunakan  asli Balikpapan . Sebagai duta wisata memang usahanya pun ikut memajukan potensi Balikpapan .  

Ilustrasi : IG @Pepiting_Balikpapan
Ilustrasi : IG @Pepiting_Balikpapan
Cikal bakal Pepiting Balikpapan adalah kepanjangan dari Pepes Kepiting Balikpapan,makanan khas Balikpapan yang berbahan dasar kepiting soka ini merupakan makanan yang hanya ditemui dikota Balikpapan, kepiting yang merupakan salah satu sumber daya laut yang melimpah dibalikpapan menjadikan Balikpapan dikenal dengan keanekaragaman seafoodnya, tapi apakah anda tahu ada kepiting yang bisa di pepes? 

Daging kepiting soka yang sudah dibersihkan dan dipisahkan dari cangkangnya memudahkan penikmatnya untuk langsung menikmati daging kepiting ditambah dengan campuran bumbu rempah-rempah ,cabai dan bawang yang diolah menjadi satu hingga meresap kedaging kepiting membuat olahan ini begitu khas dengan bumbunya, ditambah aroma panggangan pepiting Balikpapan yang dibalut dengan daun pisang meningkatkan aroma dan rasa tradisional yang nikmat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN