Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Praktisi Bisnis

www.ManajemenTerkini.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Perlukah "Sales Manager" Memiliki Keahlian sebagai Trainer?

7 Mei 2021   07:17 Diperbarui: 8 Mei 2021   03:43 427 52 17 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perlukah "Sales Manager" Memiliki Keahlian sebagai Trainer?
Ilustrasi Training (Sumber Freepik.com)

"People often say motivation doesn't last. Neither does bathing - that's why we recommend it daily." - Zig Ziglar

Teman-teman yang sudah bekerja pasti pernah merasakan demotivasi dan kehilangan semangat kerja. Apalagi karyawan di bagian penjualan dengan target dan bekerja di bawah tekanan, kerap kali pejuang digaris depan ini mengalami down.

Bahkan ada yang mengatakan di antara karyawan yang ada dalam organisasi, tenaga penjualan yang paling rentan kehilangan motivasi. Tanpa adanya suasana yang kondusif dan dukungan dari manajer mustahil akan mencapai kinerja maksimal.

Tim penjualan juga tidak lepas dari hura-hura setelah mencapai target. Hal ini untuk mengimbangi tingkat stres yang tinggi selama mengejar penjualan.

Karakteristik para penjual ini yang patut dimengerti oleh departemen lain dan pemimpin perusahaan. Mereka ini sebenarnya haus closing selama didukung oleh pimpinan dan manajemen.

Namun, menjadi terbalik manakala manajemen tidak berkomitmen, tidak memberikan penghargaan dan dukungan yang berakibat kinerja penjualan akan jeblok.

Mencermati kompleksitas tenaga penjualan maka diperlukan seorang manajer yang berpengalaman, kapabel dan mempunyai keahlian sebagai trainer atau pelatih. Kegiatan melatih atau memberikan motivasi merupakan salah satu bagian penting untuk menciptakan tim yang solid.

Trainer atau motivator merupakan seni yang tidak semua orang miliki, namun juga keahlian yang dapat dipelajari dan dilatih secara terus menerus. Ada baiknya bagian HR memfasilitasi para manajer untuk memiliki sertifikasi Training of Trainer (TOT).

Sebenarnya program pembinaan untuk karyawan tidak sebatas pada manajer penjualan saja, namun juga bagian keuangan, produksi dan bagian umum. Mengingat sering ditemukan karyawan berkinerja rendah karena tidak ada training dan motivasi dari manajer.

Berikut ini beberapa langkah yang perlu dilakukan khususnya para manajer penjualan terkait dengan pelatihan dan pengembangan bagi tim penjualan agar berkinerja puncak. Dalam penerapannya disesuaikan dengan produk atau jasa yang dipasarkan dan kondisi organisasi.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

#1. Analysis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN