Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... Praktisi Bisnis

www.manajementerkini.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Ini 4 Kriteria Angle dalam Menulis Artikel Opini (2)

23 Januari 2021   12:23 Diperbarui: 25 Januari 2021   07:27 417 68 18 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini 4 Kriteria Angle dalam Menulis Artikel Opini (2)
Foto oleh Keira Burton dari Pexels 

Tulisan ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul "Mau Tahu 6 Kriteria Ide dalam Menulis Opini?"

Dalam artikel itu kita mempelajari enam kriteria ide dalam menulis artikel opini meliputi: menyangkut kepentingan publik, penting diketahui masyarakat, menjelaskan fenomena/kontroversi, mendorong ide atau pendekatan baru, dukungan atau kritik terhadap suatu peristiwa dan memaparkan sisi kemanusiaan dari sebuah peristiwa.

Angle

Setelah memperoleh ide untuk menulis opini maka langkah selanjutnya adalah menemukan angle dalam menulis. Angle penulisan adalah sudut pandang atau bidikan dari suatu penulisan merupakan satu aspek dari ide yang dinilai paling menarik dan penting dari suatu peristiwa.

Untuk mendapatkan angle dibutuhkan cara berpikir divergen. Dalam KBBI divergen diterjemahkan dalam keadaan menjadi bercabang-cabang; dalam keadaan menyebar.

Cara berpikir divergen adalah mencari sebanyak-banyaknya data dan informasi sebagai alternatif jawaban dari suatu persoalan.

5W+1H

Cara berpikir divergen penting untuk dapat menggali permasalahan lebih mendalam dengan pertanyaan 5W dan 1H. What, who, why, when, where, how.

Misalnya topik "Dugaan korupsi di BPJS" memerlukan banyak pertanyaan meliputi, what: apa yang terjadi dengan BPJS?, who: siapa saja yang terlibat korupsi BPJS?, why: mengapa dapat terjadi korusi di BPJS?, when: kapan peristiwa terjadi?, where: di mana peristiwa terjadi? dan how: bagaimana korupsi dapat terjadi?

5W+1H juga diperlukan sebagai riset awal untuk membuat kemungkinan angle penulisan dan memutuskan angle penulisan yang paling menarik dan bagus untuk diwujudkan sebagai artikel.

Berikut ini paling tidak ada 4 kriteria angle penulisan:

dokpri
dokpri

1. Penting

Penulis menentukan pilihan sudut pandang yang benar-benar perlu diketahui oleh masyarakat. Mengingat banyaknya berita hoax yang beredar di media sosial.

Contoh: Kewajiban vaksin Korona bagi masyarakat.

2. Menarik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x