Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... operarius

menggapai makna, melukis aksara

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Founder Gapuraprima Group, Gunarso S. Margono Tutup Usia

19 Juni 2020   07:32 Diperbarui: 19 Juni 2020   11:51 624 39 15 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Founder Gapuraprima Group, Gunarso S. Margono Tutup Usia
Gunarso S. Margono by Kompas.com

Gapuraprima Group salah satu perusahaan pengembang properti besar di Indonesia, tidak lepas dari sosok Gunarso S. Margono sebagai pendiri sekaligus pemilik kelompok usaha di bidang properti ini. Gapuraprima yang dirintisnya sejak tahun 1980 telah melahirkan proyek-proyek baik perumahan, apartemen, perkantoran, pusat perbelanjaan dan hotel.

Perusahaan dengan Visi menjadi perusahaan properti multinasional yang inovatif dan terpercaya, serta menjadi bagian dari pembangunan bangsa, untuk memberikan service excellent baik untuk konsumen dan masyarakat serta pemangku kepentingan, ini telah membangun puluhan proyek selama empat puluh tahun terakhir.

Pak Gun panggilan akrab dari Gunarso S. Margono adalah pribadi yang bersahaja lahir di Jakarta 15 Maret 1940 (80 tahun), merupakan anak ke-enam dari tujuh bersaudara. Gunarso muda waktu itu usia 20 tahun memulai usahanya di bidang beras, terigu dan tekstil.

Pak Gun mempersunting gadis pujaan-nya Oey Widyawati, yang menambah semangat untuk berkarya, mengumpulkan sumber daya untuk memasuki bisnis baru, yang berbeda dengan bisnis yang digeluti sebelumnya. Tahun 1980 Pak Gun memulai bisnis properti khususnya perumahan di Lampung, Bogor, Bekasi dan Cilegon.  Proyek-proyek barunya berhasil dan terus mengembangkan proyek-proyek baru lainnya.

Pada 10 Oktober 2007, PT. Perdana Gapuraprima, Tbk mencatatkan sahamnya di bursa melalui IPO (Initial Public Offering), menambah modal perusahaan semakin kuat, sehingga terus mengembangkan proyek-proyek baru.

Proyek-proyek perumahan yang sudah dan sedang dikembangkan meliputi antara lain Graha Mutiara Bekasi, Taman Raya Bekasi, Taman Kota Bekasi, Emerald Spring Bekasi, Spring Garden Residence Bekasi, Depok Maharaja, Taman Raya Citayam, Bukit Rivaria Sawangan, Bukit Cimanggu City Bogor, Taman Raya Rajeg Tangerang, Greenleaf Residence Tangerang, Taman Raya Cilegon, Metro Cilegon, Vila Ubud Anyer, Anyer Palazo dan sebagainya.

Sedangkan apartemen antara lain Kebagusan City, Belmont Residence, Great Western Resort Serpong, Bellezza Permata Hijau, Montblanc Bekasi, Baileys City Ciputat, Bhuvana Ciawi, Bellevue Place MT. Haryono, Bellagio Mansion Kuningan dan lain lain. Pusat perbelanjaan, perkantoran dan hotel meliputi : Bellevue Radio Dalam, Bellezza Shopping Arcade & Office Building Permata Hijau, Great Western Serpong, Bhuvana Horison Hotel, GP Plaza Slipi, Bekasi Trade Center, GP Mall Bekasi dan sebagainya.

Dua tahun terakhir Pak Gun terlihat mulai lelah dan menyerahkan posisi Presiden Komisaris kepada putra bungsunya Rudy Margono, yang sebelumnya memegang kendali organisasi perusahaan sebagai Presiden Direktur selama beberapa tahun. Dan kemarin tepatnya hari ini Kamis, 18 Juni 2020, Pak Gun telah berpulang menghadap Bapa di Surga setelah beberapa kali dirawat di Singapore dan terakhir di rumah sakit Siloam Semanggi.

Image by Gapuraprima Group
Image by Gapuraprima Group

Berita ini mengagetkan 700 lebih karyawan yang berada di holding group yang tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cilegon, Anyer, Bandung dan Bali. Karyawan mengenang Pak Gun sebagai sosok yang bersahaja, walaupun tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia urutan 144 dengan total kekayaan US$145 juta berdasarkan rilis tahun 2019.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x