Mohon tunggu...
Krisanti_Kazan
Krisanti_Kazan Mohon Tunggu... Guru - Learning facilitator in SMA Sugar Group

Mencoba membuat jejak digital yang bermanfaat. (Learning facilitator di Sugar Group Schools sejak 2009, SMA Lazuardi 2000-2008; Guru Penggerak Angkatan 5; Pemenang Terbaik Kategori Guru Inovatif SMA Tingkat Provinsi-Apresiasi GTK HGN 2023; Menulis Buku Antologi "Belajar Berkarya dan Berbagi"; Buku Antologi "Pelita Kegelapan"; Menulis di kolom Kompas.com)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

UDL untuk Pendidikan Inklusi

6 Februari 2024   15:45 Diperbarui: 7 Februari 2024   09:57 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penulis: Krisanti_kazan

Tema debat capres kelima tentang pendidikan dan inklusi membawa saya pada konsep Universal Design for Learning yang pernah saya pelajari beberapa tahun silam. Universal Design for Learning (UDL) adalah kerangka kerja pendidikan yang dikembangkan oleh David H. Rose, Ed.D, bekerja sama dengan Center for Applied Special Technology (CAST) di Harvard Graduate School of Education. UDL mempromosikan pendidikan inklusif dengan merancang lingkungan belajar yang memenuhi beragam kebutuhan semua peserta didik.

Guru dalam bayangan sebagian besar masyarakat adalah seseorang yang berdiri di depan kelas dan menyampaikan pengetahuan kepada sejumlah siswa. Namun, yang sering terlupakan adalah persiapan dan perencanaan yang matang untuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan setiap siswa. Tugas untuk mengembangkan kurikulum yang memenuhi standar pendidikan sambil tetap menarik dan relevan bisa menjadi tantangan yang sulit. Inilah saat Universal Design for Learning (UDL) muncul dengan perannya yang penting, memberikan sejumlah keuntungan baik bagi guru maupun siswa.

Baca Juga: Kebutuhan Pendidikan Inklusif yang Terjawab Melalui Kurikulum Merdeka

UDL merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan prinsip-prinsip desain universal untuk memberikan aksesibilitas kepada semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Berikut adalah tiga prinsip utama dari UDL yang dapat meningkatkan pembelajaran inklusif:

1. The WHAT of Learning untuk menghadirkan representasi.

Prinsip ini menekankan pentingnya menyajikan informasi dan konsep dengan berbagai cara agar dapat diakses oleh beragam gaya belajar dan kebutuhan siswa. Beberapa strategi untuk menerapkan prinsip ini meliputi:

*Penggunaan Multimedia: Memanfaatkan gambar, audio, video, dan teks untuk menyajikan informasi.

*Pilihan Bahasa: Menyediakan materi dalam berbagai bahasa atau menggunakan simbol dan gambar untuk mendukung pemahaman.

Contoh penerapan: Saat mengajar tentang struktur sel, guru dapat menggunakan model 3D, diagram, dan presentasi audiovisual untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar.

2. The HOW of Learning untuk menghadirkan cara bertindak dan mengekspresikan diri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun