Hijau

Pemanasan dan Pendinginan Global

9 Februari 2018   02:44 Diperbarui: 9 Februari 2018   02:53 795 0 0

            Pemanasan global (Gobal warming) yang terjadi disebabkan oleh meningkatnya suhu rata-rata muka bumi di dalam lapissan atmosfer , hal ini mengakibatkan meningkatnya kadar karbondioksida (CO2)di udara serta menipisnya ozon di atsmofir kita, ada banyak dampak dari  pemanasan global banyakdiantaranya, suhu bumi semakin tinggi ,kutub selatan dan utara mencair sehingga permukaan air laut akan naik, selain itu matahari bersinar lebih panas , sementara kita tahu sinar matahari yang panas tidak baik untuk tubuh kita, namun juga sangat di butuh kan oleh tubuh kita. Jika lapisan ozon berlubang berarti tidak ada yang menghalangi sinar ultrviolet yang dihasilkan dari radiasi matahari ke bumi kita padahal sinar ultraviolet dapat menyebap kan kanker kulit

            Berdasarkan fakta fenomena pemanasan global disebabkan oleh beberapa faktor seperti emisi gas rumah kaca dan bahan bakar fosil yang banyak digunakan sat ini, dimana penggunaan bahan bakar yangtak terkendali sejak di mulainya revolusi industri tahun 1700, gas metana merupakan salah satu penyebab pemanasan global dengan menyumbanggkan 20% gas metanaa oleh hewan ternak.

            Perubahan iklim global yang menimbulkan dapak seperti mencairnya gletser, dan dapatnmeyebabkan perubahan karakteristik alam dan ligkungan. Sekarang kita sendiri lah yang di tuntut harus mengubah kebiasaan hidup yang dapat menghancurkan bumi kita, apalagi akhir -- akhir ini dikabarkan suhu bumi naik 1C pada 100 tahun terakhir ini artinya pemanasan global sedang terjadi, kita tidak tahu kapan pemanasan global akan berakhir.

Sebenarnya secara tidak langsung dampaknya sudah kita rasakanyaitu hampir semua kota besar di indonesia mendekati 37C angka yang sangat tinggi, padahal rata -- rata suhu di indonesia sekitar 28C -- 33C

Kita dapat mencegah pemanasan global dengan cara menanam pohon, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Bagi yang tinggal di kawasan rendah berhati hatilah jika suatu saat banjir besar akibat mencairnya ES di kutub utara dan selatan akibat pemanasan global / yang sering disebut GLOBAL WARMING .

 Pendinginan Global

Pendinginan Global adalah keadaan dimana  menurunnya  suhu udara yang sangat drastis, secara alami , suhu bumi lebih rendah dari rata -- rata suhu biasanya. Hal ini juga dikaitkan dengan adanya planet X nibiru yang akan datang.Pendinginan global bisa terjadi karena letusan gunung yang dahsyat seperti letusan gunung Krakatau atau Tambora.debu yang dilepaskan akan menutup atmosfer sehingga cahaya matahari yang menembus sampai ke permukaan bumi sangat berkurang dan mengakibatkan pendinginan global.

Pendinginan global juga bisa terjadi ketika matahari tenang ( hampit tidak ada sunspot) dalam perioda yang cukup panjang seperti yang terjadi sekitar tahun 1600 --1700 yang dikenal sebagai Maunder minimum, pada waktu seperti itu sinar kosmik yang menembus Bumi akan maksimum dan menimbilkan inti kondensasi untuk terbentuknya awan tinggi ( di atas 10 km) yang mengurangi sinar matahari yang menembus atmosfer Bumi, sehingga menimbulkan pendinginan global dan menyebabkan timbulnya jaman es kecil ( Little ice age), pendinginan global juga bukan lah sebuha fenomena yang baik karena dapat menyebabkan beberapahal seperti zaman Es yang akan terulang kembali.

Para ilmuwan mengemukakan siklus alam yang ditimbulkan oleh siklus aktivitas matahari dan siklus sinar kosmik galaksi lebih kuat pengaruhnya daripada yang ditimbulkan oleh ulah manusia (kendaraan bermotor dan industri).

Sumber:

www.alpensteel.com

https://lingkunganhidup.co/pengertian-pemanasan-global-penyebab-dampak/

wikipedia.org