Mohon tunggu...
Yohanes R. Setiawan
Yohanes R. Setiawan Mohon Tunggu... Konsultan - Konsultan Bisnis dan Pemasaran

Konsultan Independent, Marketing Planner, Praktisi BMC, Brand Advisor, Internal Auditor ISO 9001 : 2015. website Konsultanniaga.com , IG : @elnusaconsulting , @hallo_robby saya akan mencurahkan keresahan saya terhadap dunia bisnis pada masa sekarang

Selanjutnya

Tutup

Money

Serba-serbi Berjualan #2 Pelanggan Banyak Nanya tapi Tidak Beli

22 Juni 2020   11:55 Diperbarui: 22 Juni 2020   21:10 313
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Pedagang dan Pembeli (Gambar dari Liputan6.com)

Serba Serbi Berjualan kali ini , saya akan sharing hal unik lainnya yang pasti kita semua akan temui atau alami ketika kita menjadi pedagang atau ketika kita merintis sebuah usaha. hal tersebut adalah hal yang berkaitan dengan perilaku pelanggan kita, ia benar hehe.. pelanggan itu sering kali membuat rindu namun terkadang menjengkelkan, ketika pelanggan datang, bagaikan datangnya kekasih yang membuat kita senang dan tertarik menyambutnya. begitulah perasaan setiap pelaku usaha yang kedatangan tamu yang ditunggu - tunggu yaitu pelanggan. 

di era sekarang, di era 4.0, era media sosial, pelanggan tidak hanya datang ke toko secara langsung dan bertatap muka dengan pelayan atau pemilik toko, namun pelanggan juga sering datangna via digital, tak nampak tapi ada eitss bukan hantu ya hahaha... ya di era digital ini pelanggan sudah kita beri akses untuk mengunjungi toko kita secara digital, melalui toko online dan media sosial.

sama halnya di pusat pertokoan, pelanggan atau bahkan kita pasti sering masuk keluar toko untuk melihat - lihat dan bertanya - tanya dari satu toko ke toko lainnya, untuk mencari yang srek / pas dihati kita baru kita memutuskan yakin untuk membeli. hal yang sama terjadi didunia digital pelanggan - pelanggan banyak yang mengunjungi toko kita dan menghubungi CS toko baik melalui kolom pesan di toko online maupun chat langsung ke nomer Whatsapp/Line/Telegram.

Pelanggan - pelanggan ini suka sekali menanyakan sesuatu ke CS toko bahkan sering kali sampai menawar, namun ujung - ujungnya tidak membeli, bahkan yang parahnya lagi ada tipe pelanggan jika mendapat berbagai informasi dari CS yang baik, bukannya membeli di toko tersebut karena sudah diberikan penjelasan yang banyak tentang suatu produk eh malah beli ke toko sebelah hehehe, toko tadi untuk mendapatkan berbagai informasi, eh transaksinya malah ke toko sebelah hehe.. walaupun pelanggan sering menjengkelkan namun CS tidak boleh kapok dalam melayani dengan sungguh - sungguh ke setiap pelanggan yang bertanya karena tidak semua pelanggan seperti yang tadi.

yaa .. balik lagi namanya pelanggan adalah raja, dia yang memutuskan membeli apa dan di mana .. :)

semoga yang baca ini di beri rezeki dan kesehatan..

tetap semangat bagi yang bekerja, dan semangat bagi para enterpreneur dimanapun kalian berada.

salam sejahtera untuk kita semua

#StaySafe

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun