Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Editor - Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips Jitu Nego Gaji: Dengan Bermartabat dan Pertimbangkan Beberapa Variabel

18 Oktober 2021   18:48 Diperbarui: 18 Oktober 2021   18:54 415 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi negosiasi yang sukses (sumber: freepik.com)

Nominal gaji adalah salah satu hal esensial yang diperhatikan oleh para pelamar kerja. Dalam proses mencari dan melamar pekerjaan, kelipatan gaji yang diterima umumnya merupakan pertimbangan utama.

Umumnya setelah menyelesaikan proses wawancara dan diterima di sebuah tempat pekerjaan, pelamar diberi kesempatan untuk menegosiasikan nominal gaji yang akan diterimanya.

Demi mendapat gaji yang sesuai dan sepadan, diperlukan banyak siasat atau trik yang dapat membantu pelamar mencapai nominal yang ideal.

Lalu, apa saja sih trik-trik tersebut?

Berikut konten-konten di Kompasiana terkait negosiasi gaji yang ideal:

1. Tips Jitu Nego Gaji

Ilustrasi negosiasi (sumber: freepik.com)
Ilustrasi negosiasi (sumber: freepik.com)

Tujuan utama kita untuk bekerja adalah untuk mendapatkan jumlah gaji yang ideal demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam proses negosiasi gaji.

Negosisasi gaji tidak selamanya bisa dilakukan oleh semua kalangan. Untuk fresh graduate, disarankan untuk lebih menahan diri dalam proses negosiasi, negosiasi gaji lebih disarankan untuk mereka yang telah memiliki pengalaman, skill, dan prestasi.

Ada dua tipe negosiasi gaji yang harus diperhatikan. Negosiasi gaji perusahaan baru dan melakukan negosiasi gaji di tempat bekerja. Ingin tau tips dan trik negosisasi di perusahaan baru dan di tempat bekerja? (Baca selengkapnya)

2. Tips Nego Gaji yang Bermartabat

Ilustrasi negosiasi (sumber: freepik.com)
Ilustrasi negosiasi (sumber: freepik.com)

Negosiasi gaji sangatlah lumrah ditemukan di dunia pekerjaan kantoran. Umumnya negosiasi gaji dilaksanakan di dua kesempatan, pertama saat proses penerimaan, dan kedua saat sudah bekerja di perusahaan atau kantor tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan