Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Presiden Malioboro Umbu Landu Paranggi Meninggal Dunia

6 April 2021   11:45 Diperbarui: 6 April 2021   12:34 150 8 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Presiden Malioboro Umbu Landu Paranggi Meninggal Dunia
Presiden Malioboro dan Budayawan Emha Ainun Nadjib (Dok. Twitter Kenduri Cinta)

Kabar duka datang dari dunia seni Indonesia. Sastrawan Umbu Landu Paranggi meninggal dunia di Rumah Sakit Bali Mandara, Selasa (06/03/2021), pada usia 77 tahun.

Meninggalnya Umbu Landu Paranggi pertama kali dikabarkan oleh komunitas Kenduri Cinta melalui akun media sosial Twitter.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun... Duka kami, mengantarmu ke huma yang sejati Bapak Umbu Landu Paranggi pada hari Selasa tanggal 6 April 2021 pukul 03.55 WITA di RS Bali Mandara," demikian ditulis akun tersebut.

Umbu Landu Paranggi sendiri adalah pria kelahiran Kananggar, Paberiwai, Sumba Timur, 10 Agustus 1943.

Ia merupakan pendiri Persada Studi Klub (PSK) yang berpusat di Malioboro, Yogyakarta, Jawa Tengah. Kelak, ia akrab dijuluki sebagai Presiden Malioboro.

Komunitas ini dinilai salah satu paling berpengaruh dalam perjalanan seni di Indonesia dan banyak melahirkan penyair serta sastrawan.

Ia juga merupakan guru dari banyak tokoh terkenal seperti Eko Tunas, Imam Budhi Santoso, Emhan Ainun Nadjib, hingga Ebiet G Ade.

Semasa hidupnya Umbu Landu Paranggi telah menghasilkan banyak karya, di antaranya paling mahsyur adalah Melodia, Sabana, dan Di Sebuah Gereja Gunung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x