Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Bangga dengan Garuda Muda!

8 Agustus 2019   20:45 Diperbarui: 9 Agustus 2019   13:42 0 4 3 Mohon Tunggu...
Bangga dengan Garuda Muda!
dok. kompasiana

Timnas Indonesia U-15 terpaksa harus mengakui keunggulan tuan rumah Thailand pada babak semifinal setelah kalah 0-2 dalam turnamen Piala AFF U-15 2019. Meski begitu, Garuda Muda sudah tampil baik dan membanggakan.

Timnas Indonesia U-15 mengarungi babak penyisihan Grup A dengan apik. Satu grup bersama Vietnam, Singapura, Timor Leste, Myanmar, dan Filipina para anak asuh bima sakti ini tak sekalipun merasakan kekalahan.

Melakoni laga pembuka menghadapi Vietnam, Timnas Indonesia U-15 menang meyakinkan 2-0 pada laga yang berlangsung di Institute of Physical Education Stadium, Chonburi, Thailand Sabtu (27/7). Dalam laga lainnya di grup A, Timor Leste mengalahkan Filipina 7-1 dan Singapura bermain 0-0 dengan Myanmar.

Gol Timnas U-15 dicetak masing-masing oleh Muhammad Valeron dan Marcelino Fredinan. Gol pertama terjadi pada menit akhir babak pertama. Sedangkan gol kedua berawal dari tendangan sudut yang dengan sangat dingin diselesaikan oleh Marcelino pada menit 46.

Kemenangan Timnas U-15 ini diluar prediksi para pengamat. Hal ini wajar mengingat persiapan Timnas U-15 terkesan tidak bisa maksimal dan dalam uji coba selalu mengalami kekalahan.

Coach Bima Sakti pun seringkali menerima ujian kritik karena banyak yang meragukan kemampuannya sebagai pelatih kepala.

Apalagi dalam laga perdana ini lawan yang dihadapi mereka adalah Timnas Vietnam yang memiliki kekuatan merata disemua lini dan kolektifitas permainan yang baik.

Vietnam sendiri merupakan kekuatan sepak bola dengan ranking FIFA tertinggi di ASEAN ini.

Untuk itu sangat wajar jika mereka diunggulkan dalam turnamen ini, walaupun dengan kategori U-15.

"Kita bersyukur, Alhamdulillah bisa memenangkan pertandingan. Laga perdana memang sulit dan ada banyak poin yang harus kita perbaiki sama-sama untuk pertandingan selanjutnya. Mulai dari masalah fisik, penyelesaian akhir, dan yang paling penting mental mereka harus tetap dijaga," kata Bima seperti dirilis PSSI.org (27/7/19).

Lawan selanjutnya adalah Singapura. Garuda Muda menang telak tiga gol tanpa balas. Kemenangan meyakinkan ini sudah terlihat sejak menit-menit awal pertandingan. Mochammad Faizal yang mengirimkan umpan silang kepada Marselino Ferdinan berhasil dikonversi menjadi keunggulan pada menit ke-13.

Pun di babak kedua, Garuda Muda tak sekalipun mengendurkan tekanan. Hasilnya, Wahyu Aditya mencatatkan namanya di papan skor pada meni ke-71.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN