Mohon tunggu...
Eka Fitriyani
Eka Fitriyani Mohon Tunggu... Lainnya - Menulislah

Be your own hero

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Inovasi Strategi Mix untuk Mempertahankan Bisnis di Tengah Corona

4 April 2020   06:27 Diperbarui: 4 April 2020   07:05 1440
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber : kompas.com)

Pada 4 bulan terakhir dunia digemparkan dengan sebuah virus yang bernama virus corona atau Covid-19 yang berasal dari Wuhan,Cina.Pada bulan maret 2020 virus ini menghampiri Indonesia.Hingga Jumat (3/4/2020) total ada 1.986 pasien positif corona, 181 pasien meninggal dunia, dan134 pasien sembuh di Indonesia.

Penyebaran yang sangat cepat membuat pemerintah membeikan agar masyarakat melakukan social distancing dan self isolation.Hal tersebut membuat masyarakat takut untuk keluar rumah.Hal tersebut tentunya sangat berdampak bagi pereonomian Indonesia.Pembisnis sektor mikro hingga makro terkena dampak virus ini.

Namun meskipun menghadapi wabah, masyarakat tetap akan mencari kebutuhan yang harus dipenuhi . Fokus utama tentunya adalah pertahanan hidup atau life survival.

Dengan ini pembisnis harus memahami apa saja yang dibutuhkan konsumen untuk bertahan hidup dalam wabah covid 19 ini pembisnis harus bisa melihat peluang dalam hal tersebut.

Sebagai seorang pembisnis mestinya mengetahui mengenai strategi bisnis untuk mengatasi setiap masalah yang ada dalam bisnisnya.Strategi bisnis yang bisadilakukan ditengah wabah ini adalah dengan menginovasi dan mengevaluasi strategi marketing mix.

Menurut Philip Kotler Marketing mix adalah Sekumpulan alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran pada pasar sasaran.

Menurut Valarie A. Zeithaml dan Mary Jo Bitner, "...the marketing mix, defined as the elements an organization controls that can be used to satisfy or communicate with customer",

Dari definisi -- definisi di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk memuaskan atau berkomunikasi dengan pelanggan sehingga tujuan pemasaran di pasar sasaran dapat tercapai.

Dalam Marketing mix terdapat 4P yakni Product, Price,Promotion dan Place.

  1. Product/produk.

Ditengah wabah seperti ini pembisnis harus meriset produk apa yang dibutuhkan konsumen.Untuk pembisnis yang telah memulai bisnis nya harus mampu menghubungkan kebutuhan produk konsumen dengan produk yang diproduksi.

Contohnya  Telkomsel dan Indosat yang memberikan kuota gratis untuk mengakses platform belajar.Untuk pembisnis dalam skala mikro contohnya adalah tukang sayur yang biasanya membeli produk kemudian dijual dengan produk ditengah wabah seperti ini tukang sayur menyetok produk sesuai dengan pesanan pelanggan.

  1. Price/Harga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun