Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi highlight headline

Sri Mulyani akan Membuka Pesta Kolaborasi Generasi Kompasianival 2017

15 September 2017   16:30 Diperbarui: 7 Oktober 2017   09:52 5040 10 4
Sri Mulyani akan Membuka Pesta Kolaborasi Generasi Kompasianival 2017
Sri Mulyani akan Membuka Kompasianival 2017

Seorang menteri keuangan bagaikan bendahara  yang bertanggung jawab mengelola keuangan di sebuah negara untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Kementerian Keuangan Republik Indonesia dipimpin oleh Sri Mulyani Indrawati sejak 27 Juli 2016.

Sri Mulyani dipulangkan oleh Presiden Joko Widodo setelah sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan Menteri Keuangan bukan kali pertama ia duduki. Pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, ia ditunjuk menjadi menkeu pada 2005 dalam Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid 1.

Pada awal kepemimpinannya, ia berhasil mereformasi birokrasi Kemenkeu dan membersihkan seluruh pegawai Kemenkeu dari praktik korupsi. Tidak lama setelah ia menjabat, Indonesia mendapat $4,6 miliar dari investasi langsung luar negeri dan tahun berikutnya berhasil meningkat menjadi $8,9 miliar. Ia juga mampu mengawal Indonesia bertahan dari krisis keuangan global pada 2008 di saat negara berkembang lain ketar-ketir.

Berkat prestasinya yang gemilang, ia disebut sebagai Euromoney Finance Minister of the Year oleh majalah Euromoney pada 2006. Tak hanya itu, Majalah Forbes menyebutnya sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia sekaligus wanita paling berpengaruh di Indonesia. Sayangnya ia harus melepaskan jabatannya dan menerima pinangan Bank Dunia pada 2010. Di situlah nama dan karirnya semakin melejit di Indonesia maupun Internasional.

Setelah kembali menjabat sebagai menkeu di 2016, ia membuat gebrakan dengan program tax amnesty, memangkas belanja kementerian dan lembaga Rp 64,7 triliun, merevitalisasi perekonomian Indonesia, serta gencar memantau perpajakan di Indonesia.

Sri Mulyani akan membuka gelaran pesta akbar Kompasianer dengan mengajak seluruh pengunjung untuk mengawal pembangunan Indonesia yang kini berada di tangan generasi muda. Perempuan yang baru saja dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik se-Asia 2017 oleh Majalah Finance Asia ini juga mengingatkan generasi pendahulunya untuk mendukung generasi muda penerus bangsa, terutama ketika menghadapi tantangan dan ancaman baik dari internal maupun eksternal.

Jadi dari generasi apapun Anda berasal, yuk gabung  bersama di Kompasianival untuk mengawal pembangunan Indonesia demi masa depan Indonesia yang sejahtera!  Jangan lupa daftarkan dirimu di Kompasianival.com. Ada merchandise eksklusif Kompasianival untuk 2000 pendaftar online pertama. (DIN)