Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Dapatkan Penghasilan Tambahan pada Program KCA!

18 April 2017   18:32 Diperbarui: 14 Maret 2018   16:24 28582 25 84
Dapatkan Penghasilan Tambahan pada Program KCA!
Ilustrasi: Kompasiana.com

Setelah meluncurkan  slogan baru “Beyond Blogging” pada awal tahun 2017, Kompasiana resmi mengenalkan sebuah loyalty program yang diberi nama Kompasiana Content Affiliation (KCA) beberapa bulan setelahnya.

KCA merupakan program yang menjembatani dan mempertemukan Kompasianer dengan pihak ketiga dalam penciptaan artikel positif dan berkualitas sesuai obyektif komunikasi pihak ketiga dengan kompensasi berupa uang yang dihitung berdasarkan perolehan unique visitor (UV) di masing-masing kampanye. Hanya Kompasianer terverifikasi hijau/biru yang dapat mengikuti program ini. Jadi segera verifikasi akun Anda dengan membaca tutorial verifikasi akun ini.

Mekanisme Kompasiana Content Affiliation

Kompasiana
Kompasiana

  • Kompasianer Terverifikasi mendapatkan notifikasi kampanye untuk mengikuti program Kompasiana Content Affiliation (KCA) di halaman profil.
  • Kompasianer terverifikasi membaca panduan sebelum memutuskan untuk menerima atau menolak kampanye.
  • Apabila menerima atau ikut kampanye, Kompasianer bisa langsung menulis konten sesuai panduan  dan syarat serta ketentuan umum KCA. Bila menolak, Kompasianer tidak akan bisa mengakses kembali panduan dalam suatu kampanye.
  • Kompasianer Terverifikasi  mengirimkan draft artikel yang kemudian dikurasi dan diseleksi oleh editor. Seluruh artikel yang telah dikirim, tidak akan kami tayangkan apabila draft artikel tersebut melanggar syarat dan ketentuan atau tidak sesuai dengan onjektif kampanye.
  • Artikel Content Affiliation yang lolos seleksi akan ditayangkan, dan masuk ke aliran terbaru dan halaman profil Anda. Sedangkan artikel yang tidak lolos seleksi akan kembali ke laman "draft" masing-masing profile.
  • Kampanye berakhir apabila, kuota unique visitor telah terpenuhi atau periode program telah selesai.
  • Setelah kampanye berakhir, Kompasianer akan mendapatkan laporan dan pembayaran atas pencapaian kepada Kompasianer.

Seluruh draft artikel yang dikirim hanya diperbolehkan maksimal 1500 kata dan belum ditayangkan di platform lain.

Pendapatan yang akan diperoleh oleh Kompasianer yang mengikuti kampanye tertentu akan dihitung berdasarkan jumlah UV yang masuk ke artikel tersebut selama periode dijalankan. Nilai satu UV setara dengan Rp 300,00 (nilai ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya)*

Setelah periode berakhir, jumlah perolehan UV akan dihitung secara otomatis oleh mesin dan otomatis dikonversi ke dalam rupiah. Proses pengiriman dana kepada Kompasianer akan dilakukan selama 45 hari setelah data yang telah terangkum diperoleh tim Finance Kompasiana.

Fitur dan Menu KCA

Untuk mendukung performa dan proses program ini, kami telah menyediakan menu "Content Affiliation" di laman profile Anda yang terdiri dari 4 submenu: Penawaran, Pencapaian, Artikel, dan Mekanisme.

Penawaran adalah seluruh daftar kampanye yang kami tawarkan kepada Kompasianer, di submenu tersebut akan disajikan informasi seputar periode kampanye, brief yang akan dijalankan, target pencapaian, dan informasi apakah kampanye tersebut Anda terima maupun tolak. Jika Anda ingin mengikuti Content Affiliation, Anda hanya bisa mengirimkan draft artikel melalui fitur tulis yang ada di submenu ini, bukan melalui tools tulis seperti biasa, karena jika Anda mengakses melalui halaman tulis biasa, artikel Anda tidak akan terhitung oleh mesin. Pastikan Anda membaca brief dengan tepat, dan menuliskan draft sesuai dengan petunjuk yang ada di brief.

Pencapaian adalah submenu yang akan menampilkan seluruh hasil dari kampanye yang telah Anda ikuti dan artikel tersebut sudah kami terima dan tayang di akun Kompasiana Anda. Artikel yang kami tolak tidak akan muncul di submenu ini.

Artikel adalah submenu yang akan merangkum seluruh artikel yang pernah Anda kirimkan untuk diikutsertakan kampanye Content Affiliation, di dalam submenu ini tercantum status apakah artikel Anda diterima, masih menunggu, dan ditolak oleh tim Kompasiana. Anda bisa memantau perkembangan status artikel Anda melalui submenu ini.

Mekanisme adalah informasi seputar Content Affiliation yang Anda bisa simak kembali seputar persyaratan yang diwajibkan ketika Anda mengirimkan draft artikel Kompasiana, simak di bagian bawah artikel ini yang kami unggah juga di submenu Mekanisme.

Selain itu, untuk kemudahan dalam pengiriman dana, kami sudah melengkapi satu fitur pengaturan data pribadi Anda yang memungkinkan Anda untuk melengkapi data berupa nomor berikut scan rekening bank yang Anda gunakan dan nomor berikut scan NPWP, semua data ini WAJIB memiliki nama yang sama sesuai dengan kartu identitas yang Anda unggah. 

Jika tidak sama pembayaran tidak akan kami lakukan, pastikan Anda telah memperbaharui scan kartu identitas Anda, dan rekening tersebut milik Anda pribadi. Untuk mengikuti program KCA seluruh Kompasianer terverifikasi, wajib melengkapi form ini sebelum Anda mengirimkan draft. Karena jika form ini belum dilengkapi kami tidak akan mengikutsertakan Anda sebagai peserta program.

Selamat mengeksplorasi, Kompasianer!

Kevinalegion
Content and Community of Kompasiana

-------

* Proses hitungan jumlah UV berbeda dengan jumlah keterbacaan yang ada di laman baca tiap artikel. UV adalah jumlah pengunjung unik di artikel dalam kurun waktu tertentu. Seandainya ada 3 UV sudah pasti menghasilkan 3 pembaca, namun dari 3 pembaca tersebut belum tentu kunjungannya menghasilkan 3 UV. Jumlah UV diperoleh dengan cara mengenali alamat IP visitor tersebut. Jika artikel dikunjungi beberapa kali (lebih dari 1 kali) oleh visitor dengan IP yang sama, UV hanya tetap dihitung 1.

NOTE: Fitur ini hanya bisa diakses via desktop, dan matikan segala add-on Adblock di browser Anda.