Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Verifikasi Hijau Diubah Menjadi Validasi, Begini Caranya!

21 November 2017   17:33 Diperbarui: 29 April 2018   15:26 27144 45 27
Verifikasi Hijau Diubah Menjadi Validasi, Begini Caranya!
Ilustrasi: Kompasiana

UPDATE
Mulai bulan Maret 2018, Kompasiana akan mengubah nama untuk verifikasi hijau menjadi validasi agar memudahkan Kompasianer maupun pembaca yang belum dapat membedakan hijau dan biru. Secara teknis validasi masih sama pengajuannya, hanya mempertegas jika validasi (sebelumnya disebut dengan verifikasi hijau) adalah proses pemeriksaaan data Kompasianer secara adminstratif bukan berdasarkan kualitas tulisan. Sedangkan verifikasi (sebelumnya verifikasi biru) adalah proses penilaian Kompasianer berdasarkan kualitas yang diproduksi maupun interaksi selama ini. Baca: Kenali Verifikasi Biru Kompasiana

Proses validasi akun masih sama, untuk selengkapnya Anda bisa simak panduan di bawah ini.

======

Fitur Validasi Akun di Kompasiana sudah disematkan sejak 2011, fitur ini berupa tanda checklist berwarna hijau di samping nama pengguna. Fungsi validasi akun adalah sebagai penanda bahwa akun tersebut dapat dibuktikan keaslian identitasnya.

Adanya akun yang tervalidasi juga membuat pembaca nyaman akan konten yang ia baca, sebab mereka tahu bahwa konten tersebut ditulis oleh penulis yang jelas jati dirinya dan kontennya dapat dipertanggungjawabkan. Sedangkan bagi sesama kompasianer atau penulis, akun yang tervalidasi membuat aktivitas interaksi dan pertemanan semakin nyaman.

Ada pula keuntungan lain sebagai akun Kompasiana yang tervalidasi, seperti mendapat prioritas oleh Kompasiana untuk mengikuti berbagai event online dan offline (Nangkring, Blogshop, Tokoh Bicara, dan lain-lain). Selain itu pengguna juga akan mendapatkan kesempatan lebih besar untuk bekerjasama dengan Kompasiana, misalnya dalam penerbitan buku, liputan khusus, mengikuti event eksklusif, dan lainnya.

Bagaimana, tertarik untuk melakukan validasi akun? Silakan ikuti tutorial validasi akun Kompasiana berikut ini:

1. Buka Menu Pengaturan

Letak menu
Letak menu
Untuk mengajukan validasi akun, Anda perlu mengisi data diri yang terletak di menu "Pengaturan". Pilih menu "Pengaturan" pada profil Anda yang terletak di pojok kanan atas.

2. Lengkapi "Profil"

Pada menu ini Anda akan diminta untuk melengkapi deskripsi profil, tanggal lahir hingga akun media sosial Anda. Menu ini membantu para pembaca untuk mengenali karakter Anda lebih jauh. Langkah pertama klik tombol "Edit", setelah semua telah terisi klik "Simpan". Data profil Anda sudah dilengkapi.

3. Pilih Menu "Data Pribadi"

Selanjutnya, pada menu "Pengaturan" pilih menu "Data Pribadi". Setelah itu klik "Edit" dan lengkapi kolom yang disediakan, serta jangan lupa untuk mengunggah scan kartu identitas.

Supaya lebih jelas, berikut kolom wajib yang harus diisi agar pengajuan validasi akun Kompasiana Anda disetujui:

  • Data identitas
  • Mengunggah scan kartu identitas
  • Jenis Kelamin
  • Nomor Kontak
  • Alamat
  • Pendidikan
  • Profesi
  • Pemasukan Per Bulan
  • Pengeluaran Per Bulan

Pilih menu
Pilih menu

Sedangkan untuk kolom NPWP dan Nomor Rekening bisa Anda isi jika Anda ingin mengikuti serangkaian campaign dari Kompasiana Content Affiliation. Info selengkapnya bisa baca di Perkenalkan, Kompasiana Content Affiliation!

3. Mengunggah Scan Kartu Identitas

Pada menu ini Kompasiana hanya mengijinkan kartu identitas berupa KTP, SIM, Paspor, dan Kartu Pelajar yang masih berlaku untuk keperluan validasi akun. Selain 4 jenis kartu tersebut, pengajuan validasi akun Anda akan otomatis ditolak.

Untuk mengunggah scan kartu identitas cukup mudah, pengguna cukup klik tombol "Browse" untuk memilih file yang akan diunggah. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kualitas gambar cukup baik dan tidak blur (identitas terbaca dengan jelas). Terakhir, pastikan juga ukuran file kartu identitas tidak lebih dari 1 MB dengan ekstensi file jpeg.

Bila semua dirasa sudah lengkap, langkah terakhir adalah klik tombol "Ajukan Validasi/Verifikasi" di bagian paling bawah dan klik Simpan. Bila Anda hanya klik salah satu, pengajuan verifikasi tidak dapat berhasil.

Tahap terakhir, tekan tombol
Tahap terakhir, tekan tombol

Terakhir, silakan tunggu proses pengajuan validasi akun. Biasanya lama pengajuan validasi akun memakan waktu 7 hari kerja. Bila ditemukan masalah atau pertanyaan tentang validasi akun, Anda bisa menghubungi Kompasiana melalui e-mail di kompasiana@kompasiana.com dengan subyek "Validasi Akun".

Cukup mudah bukan untuk mengajukan Validasi Akun di Kompasiana? Yuk, segera validasi akun Anda! Rasakan mengakses Kompasiana lebih nyaman dan nikmati berbagai keuntungannya. (LBT)

----

*Untuk mempermudah proses unggah berkas dan pengajuan validasi, dianjurkan menggunakan Kompasiana versi desktop/PC.