Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Blog Competition Artikel Utama

Bagikan Pesona Danau Toba sebagai Warisan Dunia dan Raih Kesempatan Menelusurinya

10 September 2021   21:08 Diperbarui: 13 September 2021   16:40 1158 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagikan Pesona Danau Toba sebagai Warisan Dunia dan Raih Kesempatan Menelusurinya
Dok. Kompasiana

Proses terbentuknya Danau Toba menjadi sebuah fenomena luar biasa yang berdampak pada kehidupan di seluruh dunia, yakni sebuah letusan maha dahsyat yang dikenal dengan istilah supervolcano.

Danau yang termasuk ke dalam salah satu danau terdalam di dunia ini juga memiliki keunikan lain, yaitu pulau di atas pulau, dan danau di atas danau. Pulau Samosir berada di atas Pulau Sumatera, dan Danau Sidihoni serta Danau Aek Natonang berada di atas Danau Toba.

Selain sejarah dan pemandangan alam, Danau Toba juga menawarkan aneka eco-tourism lain seperti pertanian Kemenyan Toba atau Haminjon, dan juga pertanian kopi.

Dari sisi sosial budaya, ada musik tradisional Gondang Batak dan tari Tor-Tor yang sering tampil dalam berbagai acara nasional maupun internasional, serta kerajinan ukiran khas yang dikenal dengan nama ukiran Gorga.

Kekayaan hutan di kawasan Danau Toba juga menyimpan potensi agrowisata yang masih dapat dikembangkan seperti wisata hutan tumbuh-tumbuhan untuk pengobatan, dan juga wisata kuliner khas Batak seperti Ikan Arsik dan bahan makanan Andaliman.

Pada tahun 2020 lalu, Kaldera Toba ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark karena memiliki kaitan geologis dan warisan tradisi yang tinggi dengan masyarakat lokal khususnya dalam hal budaya dan keanekaragaman hayati yang diakui oleh negara anggota UNESCO.

Kami mengajak Kompasianer untuk berpartisipasi dalam blog competition yang bertema "Heritage of Toba" dengan membuat konten artikel tentang ide, gagasan serta promosi tentang pengembangan pariwisata yang berkualitas, berkelanjutan, ramah lingkungan serta mensejahterakan masyarakat yang ada di kawasan Danau Toba.

Kamu bisa menggunakan banyak referensi agar karya lomba kamu lebih komprehensif dan memiliki pesan yang kuat melalui Indonesia.travel, kemenparekraf.go.id, dan https://youtu.be/pISlU6izoPY.

Yuk simak ketentuan dan mekanismenya:

SYARAT & KETENTUAN

  • Peserta telah terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum terdaftar, silakan registrasi terlebih dahulu di Kompasiana.com.
  • Akun yang sudah tervalidasi akan diprioritaskan menjadi pemenang.
  • Tulisan bersifat baru, orisinal (bukan karya orang lain atau hasil plagiat), dan tidak sedang dilombakan di tempat lain.
  • Konten tulisan tidak melanggar Tata Tertib Kompasiana.
  • Menggunakan gaya bahasa dan cara penulisan artikel populer.
  • Setelah tayang, Tim Moderator akan memberlakukan kunci artikel pada artikel lomba. Setelah dikunci, Kamu tidak dapat melakukan perubahan apapun pada artikel tersebut. Hal ini diberlakukan demi menjaga sportivitas para peserta. Informasi lebih lengkap baca di sini.
  • Konten Pemenang akan menjadi milik Kemenparekraf dan akan digunakan sebagai materi publikasi di berbagai platform Kemenparekraf.
  • Untuk menunjang bahan artikel bisa melihat referensi Indonesia.travel, kemenparekraf.go.id, dan https://youtu.be/pISlU6izoPY
  • Para pemenang diharuskan sudah melakukan vaksinasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN