Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Fitur Artikel Utama

Fitur Kunci Artikel untuk Pengalaman Berkompetisi yang Lebih Sehat di Kompasiana

17 November 2018   17:32 Diperbarui: 1 Desember 2018   22:45 2092 38 20
Fitur Kunci Artikel untuk Pengalaman Berkompetisi yang Lebih Sehat di Kompasiana
Perkenalkan: Fitur Kunci Artikel. Gambar oleh Tim Desain Kompasiana

Jika Anda perhatikan, pada setiap artikel di Kompasiana terdapat informasi waktu penayangan dan kapan artikel tersebut diperbarui/disunting. Apabila artikel tersebut disunting 10 kali, maka waktu pada bagian "diperbarui" akan 10 kali pula berubah sesuai dengan waktu penyuntingan yang terbaru.

Perubahan yang terekam pada fitur "diperbarui" ialah perubahan yang dilakukan baik oleh user/penulis maupun oleh Tim Moderator Kompasiana. Tim Moderator perlu melakukan penyuntingan sehubungan dengan kebutuhan peningkatan sajian kualitas konten, apabila artikel tersebut menjadi Featured Article, Artikel Pilihan atau Artikel Utama.

Dilema yang kerap terjadi adalah ketika sebuah artikel diikutkan dalam blog competition. Apabila artikel ditayangkan dalam rentang waktu penyelenggaraan blog competition, tentu artikel tersebut sah untuk dijurikan dan berkompetisi dengan artikel lainnya. Tetapi bagaimana jika Si Penulis hanya menayangkan sekadar untuk tak melewati batas deadline, tetapi kemudian menambahkan atau melakukan modifikasi setelah waktu yang ditentukan? Sah-kah artikel tersebut ikut dijurikan?

Menyikapi fenomena tersebut, Kompasiana memperkenalkan fitur baru bernama "Kunci Artikel". Dengan begitu, setiap artikel yang menggunakan label lomba akan segera dikunci oleh Tim Moderator, tak lama setelah artikel tersebut tayang.

Dengan demikian, waktu perubahan yang terekam pada bagian atas artikel hanya menginformasikan waktu penyuntingan terakhir yang dilakukan oleh Tim Moderator untuk keperluan kualitas konten bila artikel menjadi pilihan atau artikel utama (bukan oleh user/penulis). Itupun, Tim Moderator akan menjaga penyuntingan yang diberikan bersifat minor lantaran artikel tersebut ialah artikel lomba yang dalam waktu dekat akan dijurikan.

Yang akan terjadi pada sebuah artikel apabila dikenakan fitur "Kunci Artikel":

  • Penulis tidak dapat memodifikasi artikel tersebut (menyunting, menambahkan/mengurangi konten)
  • Penulis tidak dapat menghapus artikel tersebut
  • Tanda bahwa sebuah artikel dikunci ialah terdapat tanda "rantai" pada samping judul artikel

Artikel yang dikunci akan memiliki tanda berbentuk rantai di samping judul. Lihat bagian yang ditandai dengan kotak warna merah pada bagian bawah sebelah kanan gambar.
Artikel yang dikunci akan memiliki tanda berbentuk rantai di samping judul. Lihat bagian yang ditandai dengan kotak warna merah pada bagian bawah sebelah kanan gambar.
Hal ini akan diberlakukan pada blog competition selanjutnya terhitung sejak pengumuman ini tayang. Mekanisme ini akan dimasukkan ke dalam ketentuan blog competition mendatang. Bagaimana dengan blog competition yang telah dan tengah berjalan? Belum, Tim Moderator belum memberlakukan fitur ini kepada artikel blog competition sebelumnya.

Selain untuk menjaga iklim kompetisi sehat di Kompasiana, selanjutnya "Kunci Artikel" akan dipertimbangkan untuk digunakan pada fitur lain demi mendukung upaya peningkatan kualitas konten di Kompasiana. Juga untuk menjadikan Kompasiana sebagai salah satu referensi untuk menemukan informasi-informasi terpercaya ala warga.

Selamat menulis!

Salam