Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Artikel Utama

Keterampilan Membuat dan Menyampaikan Presentasi Itu Penting Lho!

15 Juli 2021   21:40 Diperbarui: 16 Juli 2021   05:45 278 12 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Keterampilan Membuat dan Menyampaikan Presentasi Itu Penting Lho!
Cara membuat presentasi. Sumber ilustrasi: Pexels | CHRISTINA MORILLO

Tak hanya karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, setiap individu rasanya perlu memiliki kemampuan membuat dan menyampaikan presentasi.

Kemampuan tersebut dapat membantu seorang perintis usaha meyakinkan investornya. Atau bisa juga digunakan oleh penyuluh pertanian memberikan edukasi kepada petani dan sebaliknya.

Bisa juga menjadi medium pembelajaran orangtua ke anak. Dari anak ke teman-teman sekelasnya. Tetangga mengajarkan resep ke tetangga lainnya. Dan lain sebagainya.

Aplikasi yang sering digunakan pun beraneka ragam. Mulai dari yang paling klasik seperti Ms. Powerpoint, Google Slide, Canva, Adobe, sampai yang bentuknya video. Atau bisa juga manual, ditulis pada karton lebar dan diberi gambar-gambar menarik.

Menyampaikan presentasi pun ada tekniknya. Pertama-tama perlu menyesuaikan usia dan latar belakang audiens. Lalu selanjutnya, bergantung pada keterampilan kita menyampaikan materi supaya pendengar tetap fokus dan tidak bosan.

Kompasianer, kamu punya kiat tersendiri cara menggunakan aplikasi pembuat presentasi? Mungkin mengenalkan fitur rahasia, misalnya mengubah halaman PPT menjadi video, cara membuat grafik, mengenalkan tren visual presentasi kekinian, sampai menambahkan audio dalam presentasi.

Atau punya kiat cara membawakan presentasi? Bagaimana intonasi, sikap tubuh, dan gaya bahasa yang bisa digunakan? Bagaimana cara membuat sesi terasa menyenangkan dan hadirin konsisten menyimak?

Tulis cara, kiat, tahapan, dana jalan pintas ala kamu. Tambahkan label Cara Membuat Presentasi pada setiap konten yang dibuat. Jangan lupa dimasukkan ke dalam kategori "Life Hack"

Dok. Kompasiana
Dok. Kompasiana

Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan