Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Punya Momen Unik dan Menarik Saat Mudik? Yuk, Bagikan Ceritanya di Kompasiana

9 Juni 2018   20:25 Diperbarui: 15 Juni 2018   14:20 4392 10 0
Punya Momen Unik dan Menarik Saat Mudik? Yuk, Bagikan Ceritanya di Kompasiana
Kompasiana.com/Rizki Estiva

Di bulan Ramadan, ada satu paling dinanti, terutama bagi perantau. Mereka kerap menggunakan momen ini untuk mudik atau pulang ke kampung halaman melepas rindu dengan sanak saudara di bulan penuh berkah. Dan dalam perjalanannya selalu memiliki kisah tersendiri.

Dalam perjalanan menuju kampung halaman, apapun yang kendaraan yang Anda gunakan, pastinya selalu memiliki kejadian-kejadian atau peristiwa yang sayang untuk dilewatkan, seperti kemacetan yang kunjung sudah, penundaan waktu keberangkatan, sebangku dengan penumpang arogan, kondisi fisik yang menurun, dan yang lainnya. Mudik yang menjadi momen setahun sekali akan penuh dengan beragam pengalaman hidup.

Agar semua peristiwa itu tak hanya Anda simpan sendiri dan membayangkan serunya berbagi cerita-cerita saat mudik bersama penulis-penulis lainnya, maka alangkah tepatnya Anda bagikan di Kompasiana.

Di Kompasiana Anda dapat membagikan cerita menarik selama mudik. Anda juga dapat melaporkan reportase situasi terkini dari jalan yang Anda lalui. Misalnya, kondisi lalu lintas atau gangguan selama di perjalanan. Bahkan Anda juga dapat membagikan spot-spot menarik yang Anda kunjungi untuk melepas penat saat di perjalanan.

Selain dalam bentuk tulisan, Anda juga dapat melaporkan reportase mudik dalam bentuk video. Caranya, gunakan fitur embed YouTube yang tersedia di dashboard tulis untuk mencantumkan video. Berikut tutorial singkatnya:

  1. Pastikan video berasal dari platform Youtube, jika berasal dari platform lain akan ditolak oleh dashboard.
  2. Kemudian copy/salin URL video Youtube yang ingin di-embed.
  3. Paste/tempelkan URL yang sudah disalin tersebut ke kotak isian URL yang muncul pada formatting toolbar.
  4. Jika sudah, klik insert untuk memasukkan video ke dalam konten artikel Anda.

Catatan: Jika reportase berbentuk video, jangan lupa untuk memilih kategori "Video" pada dashboard tulis. Tutorial embed video lebih lengkap dapat Anda lihat di sini.

Tunggu apa lagi? Yuk bagikan cerita pengalaman mudik Anda di Kompasiana dengan mencantumkan label: Mudik2018 (Tanpa Spasi).

Selamat bermudik, Kompasianer!