Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

[HARI TERAKHIR] Kabarkan Berita dari Sumsel, Babel, dan Lampung

16 April 2018   01:52 Diperbarui: 22 April 2018   15:45 5515 13 9
[HARI TERAKHIR] Kabarkan Berita dari Sumsel, Babel, dan Lampung
Kabar dari Seberang Regio 1: Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Lampung (kompasiana.com)

Yang menarik dari saling berkabar surat, sewaktu masih zamannya, adalah memberi tahu apa saja yang menarik dari daerahnya ke sahabat pena. Bisa tentang kejadian-kejadian lucu, pantun, peristiwa keseharian yang mengesalkan, atau bahkan uraian situasi politik lokal yang mungkin tidak diketahui oleh sobat nan jauh di sana.

Maka seperti yang sudah admin janjikan, selama 11 pekan ke depan, Kompasiana akan mengadakan Topil #KabarDariSeberang yang mengakomodasi Kompasianer se-Nusantara saling berkirim kabar layaknya sahabat pena. Sebagai pembuka rangkaian, admin mengundang Anda semua untuk memenuhi pelosok Kompasiana dengan artikel tentang Provinsi Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung.

Ada kabar apa di sana?

Selain timah di Bangka, kisah Laskar Pelangi di Belitung, kopi di Lampung, dan perkebunan di Sumatera Selatan, ada banyak hal perlu kita ketahui dari ketiga provinsi tersebut.

Bisa jadi tentang tradisi masa kejayaan kerajaan masa silam yang masih dirawat di tengah-tengah modernitas. Penggunaan bahasa ibu, dinamika lahan adat, atau mungkin perkembangan terbaru tentang jembatan yang baru dibangun dan perbedaan harga barang kebutuhan pokok yang dipengaruhi proses distribusi pangan.

Nah, apapun bisa Anda tuliskan untuk topil ini. Anda tak harus menjadi penduduk Sumatera Selatan, Bangka Belitung, atau Lampung untuk ikut serta dalam topil ini. Jika Anda punya reportase, kenangan, opini atau bahkan sekadar mengagumi ketiga provinsi tersebut, Anda juga dapat mengabarkannya di Kompasiana.

Tuliskan kabar Anda dengan mencantumkan label SaatnyaSumselBabelLampung dan KabarDariSeberang (tanpa spasi) pada setiap artikel. Periode penulisan untuk regio ini berlangsung mulai dari 16 -- 22 April 2018.