Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Saatnya Kirim #KabarDariSeberang Melalui Kompasiana

13 April 2018   19:03 Diperbarui: 3 Mei 2018   21:38 5131 20 7
Saatnya Kirim #KabarDariSeberang Melalui Kompasiana
Image by Kompasiana Creative Team

Sejak awal April 2018  Kompasiana melebur artikel-artikel regional Anda ke kategori lain berdasarkan kecenderungan isi ulasannya: apakah tentang peristiwa politik, wisata, atau gaya hidup. Anda bisa juga menggunakan kategori tekno untuk mengulas inovasi transportasi di kota Anda, atau kategori olahraga untuk menulis kiprah atlet yang luput dari pantauan Ibu Kota.

Hal ini dimaksudkan supaya Kompasianer tidak hanya berdiskusi dalam konteks kewilayahan secara parsial, melainkan berfokus pada kontennya. Bukankah peristiwa yang terjadi di suatu wilayah dapat pula menjadi catatan bagi wilayah lainnya?

Sungguh asyik bila tulisan tentang penanganan bencana di Bali dapat bertemu dengan audiens pegiat tanggap bencana lainnya di Indonesia melalui kategori Tekno atau Humaniora

Karena itu, penghilangan kategori "Regional" sebaiknya tidak membuat Kompasianer berhenti mengabarkan tentang keunikan daerahnya. Sebaliknya, Kompasiana mendukung penulis dari ragam pelosok Indonesia untuk berpartisipasi dalam Topik Pilihan #KabarDariSeberang yang akan diadakan selama 11 pekan di Kompasiana.

Digelar mulai pertengahan April hingga Juni 2018, Topik Pilihan (Topil) #KabarDariSeberang memungkinkan provinsi-provinsi se-Indonesia diulas secara spesial oleh Kompasianer se-Tanah Air dalam kurun waktu 1 pekan dengan jadwal sebagai berikut:

Image by Tim Kompasiana
Image by Tim Kompasiana
Seperti namanya, Topil #KabarDariSeberang diharapkan dapat menjadi ruang antarsahabat yang tinggal berjauhan untuk saling berkirim kabar. Meski demikian, siapa pun dapat menulis untuk topil ini, baik penduduk yang tinggal di regio yang sedang dibahas, maupun yang bukan.

Artikel yang diharapkan dapat diikutkan dalam kampanye ini adalah ulasan untuk semua kategori. Jenis artikelnya pun terserah Anda. Bisa berupa reportase/citizen journalism (saatnya kejadian di sekitar Anda menjadi primadona!) atau feature, opini, tips, dan lain sebagainya.

Bagaimana cara ikutan Topil #KabarDariSeberang?
Seperti topik pilihan lainnya, cukup sertakan label khusus supaya artikel Anda masuk ke dalam deretan topil yang sedang berlangsung.

Selain itu pada setiap awal pekan kami akan menerbitkan berita admin supaya jagad Kompasiana mengetahui regio apa yang akan menjadi "tuan rumah" pada pekan tersebut. Kadang kami akan memberikan gimmick tambahan, mungkin berupa label khusus atau bahkan challengesecara random.

Nah, jadi mulai sekarang, catat periode regio kesayangan Anda dan ajak handai taulan untuk bersiap-siap menulis #KabarDariSeberang supaya kita semua makin akrab.

Tak kenal, maka tak sayang.

(WID)

Periode yang Sedang Berlangsung:

REGIO 3: Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur (30 April 6 Mei 2018)

Periode yang sudah berakhir:
REGIO 2: Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara (23-29 April 2018)
REGIO 1: Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung (16 - 22 April 2018)