Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Setelah Rejuvenasi, Inilah Daftar Kegiatan Kompasiana di Tahun 2018

5 Maret 2018   14:50 Diperbarui: 8 Mei 2018   00:08 15570 51 18
Setelah Rejuvenasi, Inilah Daftar Kegiatan Kompasiana di Tahun 2018
Setelah Rejuvenasi, Inilah Daftar Kegiatan Kompasiana di Tahun 2018

Sepanjang tahun 2017, Kompasiana berhasil menyelenggarakan kegiatan online sebanyak 65 kali dan offline sebanyak 88 kegiatan. Jika diakumulasi antara online dengan offline berjumlah 150 kegiatan yang telah diselengarakan.

Artinya, dalam kurun waktu sebulan, kami menyelenggarakan kegiatan online/offline sebanyak 12 kali. Bukan jumlah yang sedikit!

Terselenggaranya beragam kegiatan tersebut tidak lepas dari peran aktif Kompasianer yang berpartisipasi. Apalagi, sejak awal tahun 2017, Kompasiana menyediakan laman khusus untuk segala kegiatan, atau biasa disebut kanal "Event" yang bias diakses melalui event.kompasiana.com.

Di dalam laman tersebut, terhimpun seluruh kegiatan Kompasiana yang akan, sedang atau sudah berlangsung. Melalui laman itu pula, Kompasianer bisa memilah dan memilih kegiatan yang ingin diikuti sekaligus bisa langsung mendaftarkan diri.

Namun, dari total sekitar 20 jenis kegiatan Kompasiana terdapat beberapa kegiatan yang memiliki konsep serupa. Sangat beririsan! Hanya jumlah peserta dan mekanismenya saja yang berbeda. Itupun minor.

Oleh sebab itu, sejak akhir tahun lalu, kami melakukan rejuvenasi atau peremajaan dan/atau peleburan beberapa kegiatan menjadi satu kesatuan yang lebih atraktif dan focus.

Berikut susunan kegiatan online/offline Kompasiana setelah proses rejuvenasi:

Onloc| Dokumentasi Kompasiana
Onloc| Dokumentasi Kompasiana
Onloc (On Location): Sebelumnya dikenal dengan Coverage. Sebuah kegiatan peliputan atau reportase yang dilakukan Kompasianer ke lokasi kegiatan atau suatu peristiwa secara langsung.

Perspektif| Dokumentasi Kompasiana
Perspektif| Dokumentasi Kompasiana
Perspektif: Sebelumnya dikenal dengan Tokoh Bicara. Kegiatan ini merupakan ajang temu Kompasianer dengan tokoh, public figure,  praktisi maupun para pakar di bidangnya untuk membicangkan satu tema tertentu.

Nangkring| Dokumentasi Kompasiana
Nangkring| Dokumentasi Kompasiana
Nangkring. Tidak ada yang berubah dengan nama kegiatan yang menjadi medium diskusi dan ngobrol santai antar-Kompasianer ini. Tetapi, kegiatan Ngulik dan Unboxing yang pernah diselenggarakan beberapa kali, digabungkan ke dalam Nangkring.

Kopiwriting| Dokumentasi Kompasiana
Kopiwriting| Dokumentasi Kompasiana
Kopiwriting. Seperti halnya Nangkring, kegiatan ini tidak mengalami perubahan nama. Hanya konsepnya saja yang sedikit bergeser menjadi medium diskusi dan penyampaian aspirasi Kompasianer dengan pihak ketiga yang bekerjasama dengan Kompasiana. Suasana kegiatan akan dibuat akrab sembari menyeruput kopi dan camilan.

Blogcompetition| Dokumentasi Kompasiana
Blogcompetition| Dokumentasi Kompasiana
Blog Competition. Sebuah kegiatan generik dan paling sering diselenggarakan. Dengan nama yang sama, kegiatan ini menjadi induk kegiatan yang sifatnya kompetisi online, termasuk di dalamnya kegiatan Review yang biasa diselenggarakan setelah Coverage dan juga Blogmarathon.

Akademi| Dokumentasi Kompasiana
Akademi| Dokumentasi Kompasiana
Kompasiana Akademi. Setelah beberapa kali diselenggarakan, kini kegiatan yang memiliki konsep pelatihan ini diperkuat dari sisi konten dan konsepnya. Salah satunya adalah silabus kegiatan yang pelaksanaannya memakan waktu lebih dari satu hari, di samping penyampaian teori disertai praktek, evaluasi dan pemberian nilai kelulusan.

Blogtrip| Dokumentasi Kompasiana
Blogtrip| Dokumentasi Kompasiana
Blogtrip. Jika sebelumnya pernah mendengar atau mengikuti kegiatan Visit, Blogcamp dan driveNride. Tahun ini, ketiga jenis kegiatan tersebut digabungkan ke dalam satu kegiatan yang lebih besar yakni Blogtrip yang merupakan sebuah kegiatan perjalanan Kompasianer ke suatu destinasi dengan aktivitas yang interaktif dan atraktif.

Blogshop| Dokumentasi Kompasiana
Blogshop| Dokumentasi Kompasiana
Blogshop. Namanya tidak berubah, hanya lebih dipertegas dari sisi konsep agar tidak beririsan dengan Akademi. Blogshop dirangkan sebagai wadah workshop singkat dan padat.

Blogger Bucket List| Dokumentasi Kompasiana
Blogger Bucket List| Dokumentasi Kompasiana
Blogger Bucket List. Kompasiana pernah dua kali menyelenggarakan kegiatan ini, pertama pada penyelenggaraan Piala Dunia di Brazil dan ajang balap MotoGP di Sepang. Namun, sebelumnya dikenal dengan RC Traveler. Meski berganti nama, konsep dan mekanisme dari kegiatan ini tetap sama, jika ada perubahan hanya sebatas improvisasi.

Ngoplah| Dokumentasi Kompasiana
Ngoplah| Dokumentasi Kompasiana
Ngoplah (Ngobrol Palmerah). Medium yang dapat digunakan secara kelompok atau individu ini tetap menggunakan nama dan konsep yang sama, serta tetap terbuka bagi siapapun (Komunitas/Kompasianer) yang ingin menggunakan sebuah ruangan yang berada di kantor kami untuk menyelenggarakan kegiatan kumpul-kumpul.

Dari sepuluh daftar kegiatan di atas, masih ada dua kegiatan berkonsep tematik yang penyelenggaraannya tidak rutin, seperti Liveblogging dan Butik (Kegiatan Online "Bulan Tematik"). Keduanya tidak mengalami perubahan nama.

Seluruh kegiatan Kompasiana sebagian besar merupakan perwujudan dari bentuk kerjasama dengan pihak ketiga yang juga memberikan keuntungan bagi Kompasianer yang berpartisipasi sekaligus sebagai alat untuk mengasah kreativitas dan produktivitas Kompasianer di samping juga dijadikan ajang temu akrab.

Nurulloh
Content & Product Asst. Manager