Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Haruskah Aksi Susi Menenggelamkan Kapal Dihentikan?

11 Januari 2018   10:23 Diperbarui: 16 Januari 2018   00:35 1597 8 5
Haruskah Aksi Susi Menenggelamkan Kapal Dihentikan?
Tribunnews.com

Aksi Susi Pudjiastuti yang kerap menenggelamkan kapal pelaku illegal fishingkini mendapat sorotan. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar Susi menghentikan aksi penenggelaman kapal tersebut. Menurut Luhut kapal-kapal ini lebih baik diberikan pada nelayan yang membutuhkan daripada ditenggelamkan. 

Sebenarnya bukan hanya Luhut yang menolak aksi ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla pun berkata senada. Ia meminta agar Menteri Kelautan dan Perikanan itu lebih fokus untuk meningkatkan ekspor ikan tangkap, bukan untuk menenggelamkan kapal pencuri ikan. 

Namun ada silang pendapat antara Jusuf Kalla dan Joko Widodo. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo malah memuji tindakan yang dilakukan Susi. Presiden tetap menilai bahwa penenggelaman kapal yang selama tiga tahun terakhir dilakukan untuk kebaikan negara. Ia menyatakan tetap mendukung kebijakan tersebut sebagai bentuk penegakan hukum.

Kompasianer, apa pendapata Anda soal aksi Susi Pudjiastuti dalam menenggelamkan kapal pencuri ikan ini? Berikan pendapat Anda di Kompasiana dengan menyertakan label: PENENGGELAMAN KAPAL (tanpa spasi) pada artikel Anda.