Mohon tunggu...
Acek Rudy
Acek Rudy Mohon Tunggu... Konsultan - Palu Gada

Enterpreneur, Certified Public Speaker, Blogger, Author, Numerologist. Mua-muanya Dah.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Lo Lieh, Aktor Indonesia yang Mengguncang Hollywood Sebelum Era Bruce Lee

27 Oktober 2021   08:49 Diperbarui: 27 Oktober 2021   08:53 3255 30 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lo Lieh, aktor Indonesia yang menembus pasar Hollywood (suar.grid.id)

Di zaman bapakmu, banyak film silat Hongkong beredar. Nama-nama terkenal seperti Ti Lung, David Chiang, Fu Sheng, dan Chen Kuan Thai selalu bergiliran memerankan tokoh utama baik-baik.

Namun, ada seseorang yang kehadirannya selalu ditunggu. Bak jargon minuman botol, pemeran utamanya boleh siapa saja, tapi penjahatnya hanya satu. Dia adalah Wang Lap Tat alias Lo Lieh.

Bahkan jika ada film yang menjadikannya sebagai orang baik-baik, rasanya bak mencampur garam dalam minuman dingin. Aneh rasanya.

Menjadi tokoh antagonis mungkin terkait dengan wajahnya yang memang kelihatan seram. Namun, karirnya di dunia film nyatanya memang "seram."

Ia lebih dulu terkenal sebagai aktor laga Hong Kong yang pertama kali menembus pasar film Amerika. Bahkan sebelum Bruce Lee menembus Hollywood dengan film Fist of Fury.

Adalah Five Fingers of Death (atau King Boxer) yang diproduksi oleh Shaw Brothers pada tahun 1972. Film tersebut berhasil merebut hati penonton Amerika.

King Boxer (sumber: amazon.com)
King Boxer (sumber: amazon.com)

Bukan hanya karena laga perkelahian Kungfu yang dianggap sebagai sesuatu yang baru, tapi juga aksi kekejaman yang disajikan. Adegan mencungkil mata dan memukul musuh begitu kerasnya hingga tembok hancur adalah sesuatu yang tak pernah disajikan di Hollywood.

Film ini kemudian menembus box office dan dianggap sebagai pintu masuk film bertema Kungfu di Amerika Serikat. Setahun kemudian barulah film Enter the Dragon dari Bruce Lee ikut meramaikan.

Bukan hanya itu, beberapa dekade setelahnya, film Five Fingers of Death ini kemudian melahirkan salah satu karya feomenal Quentin Tarantino, Kill Bill. Quentin sendiri menempatkan film aksi Lo Lieh ini sebagai urutan ke-11 dalam film sepanjang masa favoritnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan