Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Mengapa Vaksin Harus Melalui Suntikan dan Harus Sampai Dua Kali?

21 Januari 2021   19:57 Diperbarui: 21 Januari 2021   20:03 255 35 24 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Vaksin Harus Melalui Suntikan dan Harus Sampai Dua Kali?
Ilustrasi vaksin melalui suntikan (sumber: business-standard.com)

Vaksin telah tiba, seharusnya disambut dengan penuh suka cita.

Di awal-awal pandemi, begitu banyak masyarakat yang tidak sabar menunggu vaksin tersedia. Namun, pada saat vaksin telah muncul, situasi serasa berbeda.

Optimisme berpencar, kepercayaan memudar, vaksin tidak lagi menjadi harapan. Sebabnya terlalu banyak berita simpang siur yang beredar. Mulai dari mutasi virus baru hingga adanya chip yang terkandung.

Akan tetapi, vaksin tetap wajib dilakukan demi keamanan negeri.

Berbagai alasan mungkin akan dikemukakan bagi mereka yang anti vaksin. Di antara semuanya, hal yang paling "masuk akal" adalah takut jarum suntik.

Secara medis gejala ini disebut dengan Tyranophobia. Ini adalah kondisi dimana seseorang mengalami ketakutan yang berlebihan terhadap tindakan medis, khususnya suntikan.

Tidak hanya anak kecil. Remaja, dewasa, hingga orang tua pun mengalaminya. Anda bisa tertawa, tetapi tidak bisa disepelekan bagi penderitanya. Penolakan terhadap tindakan medis akan membuat mereka sulit mendapatkan perawatan Kesehatan, begitu pula dengan vaksin.

Untuk lebih jelasnya mengenai Tyranophobia ini, sila baca artikel dari Kompasianer Abanggeutanyo di bawah ini;

Baca juga: Vaksin Yes, Jarum Suntik No, Bagaimana Mengatasi Tyrapanophobia?

Seorang kawan pernah berkata yang menderita fobia ini pernah berkata, apakah tidak ada cara lain untuk mendapatkan vaksin selain suntikan? Pertanyaan yang bagus, dan itu yang akan penulis bahas pada artikel ini.

Mengapa vaksin harus melalui suntikan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x