Mohon tunggu...
Abanggeutanyo
Abanggeutanyo Mohon Tunggu... “Besar, ada yang lebih besar, sangat besar, terbesar super besar, mega besar dan maha besar.”

Nama : FM Al-Rasyid ---------------------------------------------------------------- Mengamati dan Diamati

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Vaksin Yes, Jarum Suntik No, Bagaimana Mengatasi Trypanophobia?

20 Januari 2021   13:48 Diperbarui: 20 Januari 2021   13:59 126 13 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Vaksin Yes, Jarum Suntik No, Bagaimana Mengatasi Trypanophobia?
Gambar ilustrasi: 123rf.com

Trypanophobia adalah rasa khawatir yang muncul pada seseorang menjelang tindakan medis yang melibatkan jarum suntik. Perasaan berdebar dan takut bergelayut dalam pikiran seseorang membayangkan tindakan medis yang akan mereka hadapi melalui jarum suntikan.

Tak ayal, ekpresi penderita Trypanophobia tampak lucu jika tak pantas disebut aneh, antara lain: gemetaran, tak mau melihat jarum suntikan, berdebar, menjerit, memejamkan mata kuat-kuat dan ada yang sampai lemas sekujur tubuhnya.

Menurut survey yang dilakukan oleh sciencedirect.com terhadap 883 orang tua dan 1.024 anak-anak di Toronto, Kanada pada 2012 ternyata 24% orang tua dan 63% anak-anak itu takut disuntik.

Jadi persoalan takut disuntik bukan soal usia atau dewasa atau belum. 

Banyak sebab seseorang tampak belum siap menghadapi tindakan medis semacam ini akan tetapi itu juga tidak terlepas dari kenangan atau pengalaman atau informasi yang didapatkan pada masa lalu tentang suntik menyuntik.

Ada yang masih menympan kenangan masa lalu yang buruk tentang jarum suntik. Ada juga yang menyimpan memori ketika dokter atau mantri saat itu memperlihatkan jarum suntik atau spuit berbahan besi di atas try stainless (nierbeken) berkilat dibakar pakai alkohol sebelum menyedot isi cairan suntikan.

Kadang dokter tertawa atau sengaja ingin melihat orang khawatir seperti itu atau terheran meliaht masih ada orang takut pada suntik tampak bekerja kasar dengan meletakkan peralatannya di atas try stainless-nya bikin yang takut jadi gemetar rasanya.

Memori tak sedap tentang jarum suntik juga karena pernah menemukan fakta ada seseorang cidera akibat cara suntikan yang tidak benar, misal ada tetangga yang pincang akibat proses suntikan yang salah letak, atau ada ujung patah lalu harus dioperasi.

Ada juga kenangan masa kecil ketika melihat sejumlah orang meringis kesakitan saat disuntik massal untuk 

Ada juga yang gemetaran saat akan disuntik bius khitanan sehingga memilih bius oles daripada suntikan bius.

Itu adalah beberapa latar belakang sesorang mengalami Trunpanophobia atau takut pada suntikan atau fobia jarum suntik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN