Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Balada Mulan: Legenda yang Berakhir Tragis dalam Kisah Asli

9 September 2020   06:14 Diperbarui: 9 September 2020   06:32 3119 44 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Balada Mulan: Legenda yang Berakhir Tragis dalam Kisah Asli
Mulan (sumber: today.line.me)

Kita mungkin mengenal kisah Mulan dari film animasi Walt Disney yang dirilis pada tahun 1998. Pada tahun 2020 ini, Mulan kembali diremake dalam versi Live Action.

Sempat mengalami penundaan, akibat pandemi Virus Corona, kini Disney telah resmi menayangkannya di kanal Disneyplus.com, pada tanggal 4 September 2020. Selain itu, penonton juga bisa membeli film ini secara langsung pada platform digital pihak ketiga, termasuk Apple, Google, dan Roku.

Mulan adalah sebuah cerita yang inspiratif mengenai pengorbanan seorang putri yang menyamar menjadi lelaki untuk turun ke medan perang.

Tindakan ini diambil, demi menyelamatkan ayahnya yang sudah tua dari wajib militer yang diperintahkan oleh Kaisar, untuk mempertahankan negara dari serangan suku Rouran dari Mongolia.

Dalam kisah tersebut, Mulan tidak saja menjadi prajurit biasa, namun juga muncul sebagai pahlawan yang menyelamatkan kaisar dari pembunuhan Bori Khan, raja dari suku Rouran.

Kisah yang inspiratif, berakhir manis. Mulan tidak saja diganjar dengan gelar kehormatan tinggi bagi dirinya dan keluarga, namun ia juga diangkat menjadi anggota pasukan elit pengawal kaisar.

Namun siapa yang menyangka, dalam cerita sebenarnya, kisah Mulan sebenarnya berakhir tragis.

.

Foto Inspiratif Mulan (sumber: today.line.me)
Foto Inspiratif Mulan (sumber: today.line.me)
Sebuah patung yang terbuat dari perunggu, di kota Xinjiang, China, mengisahkan mengenai seorang prajurit wanita disambut oleh ayahnya, setelah pulang dari medan perang

Bagi penduduk Tiongkok, patung itu melambangkan semangat perjuangan dari seorang prajurit wanita, yang memberikan ilham bagi para tentara untuk terus berjuang tanpa pernah putus semangat.

Bagi yang pernah mendengar kisah Mulan, patung tersebut jelas adalah Mulan. Namun bagi warga sekitarnya, patung tersebut bisa saja mewakili Mulan, atau siapa saja yang terlibat dalam kisah perjuangan melawan penindasan tanpa putus asa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN