Mohon tunggu...
Toto Priyono
Toto Priyono Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Kamu bintang besar! Apa yang akan menjadi keberuntungan Anda jika Anda tidak memiliki sesuatu yang membuat Anda bersinar? -Friedrich Nietzsche-

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Indonesia ke Depan: Milih Presiden dan Pasangan Hidup di Ambang Kerumitan

3 Oktober 2022   07:38 Diperbarui: 3 Oktober 2022   07:40 107 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Post abad ke 21 menyisakan pertanyaan bagi kita semua. Bagaimana memilih sesutau yang benar berpengaruh dalam hidup kita menjadi serius. Presiden dan pasangan hidup itu pilihan rumit, yang mana kesemua itu akan sangat pengaruh pada hidup kita, nasib kita dan keberlangsungan eksistensi kita di dalamnya"

Terkait dengan perang dan dinamika abad ke 21 yang akan menjadi sejarah kelam kemanusiaan dan ekonomi dunia dimasa yang akan datang. Saya tak peduli apa itu Yahudi, Rusia, Nato dan Perang Ukraina dan Rusia yang sampai saat ini masih bergejolak.

Saya sendiri juga tak mau tahu perang itu dipicu oleh ancaman teritori, grombolan militer adu senjata, atau subversifnya terhadap dominasi akan keadidayan itu yang saling diperebutkan sebagai kekutan Negara superior dunia.

Entah kekacauan ini baik geo politik atau geo ekonomi yang menyulut perang antar Negara merupakan sebuah proses alami yang harus dibayar penduduk dunia atau sengaja dibuat oleh para elite. Saya juga tak ingin mempermasalhkan itu.

Sebagai orang yang kecil, dapat hidup tercukupi kebutuhannya menjadi prioritas utama selain terus mententramkan diri dibalik arus informasi yang deras di era digital ini. Namun menyadari ekonomi yang semakin sulit dengan naiknya harga BBM dan lain sebagainya, dimana Indonesia terdampak pula ekonominya.

Apakah fenomena abad ke 21 antara perang dan dampak ekonomi memang sengaja dibuat oleh mereka para elite politik dan ekonomi dunia?

Dengan orang-orang kecil baik didalam ekonomi dan status politik. Mungkinkah abad ke 21 ini merupakan tantangan besar bagaimana suatu kelas di taiki bagiananya dalam structure social dan ekonominya akan sulit dicapai?

Tantangan Menjadi Global

Melihat bagaimana fenomena global antara krisis kemanusiaan yang mengakibatkan perang dan goncanganya perekonomian dunia.

Intinya hipoesa saya memang menarik kesimpulan semua ini dapat terjadi atas dasar sebuah "pemain" di atas permainan, yang mana tantangan baru bagi negara dan manusia sudah dimulai dengan situasi yang dibuat sangat rumit ini antara perang dan krisis ekonomi yang terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan