Mohon tunggu...
Toto Priyono
Toto Priyono Mohon Tunggu... Kompasianer

Peminat Sosio-Humaniora, Sastra, Filsafat, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Bank Sampah Sahabat Hijau Karangrena, Bukti Bergerak Pasti Berhasil

12 Mei 2021   09:21 Diperbarui: 12 Mei 2021   09:29 156 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bank Sampah Sahabat Hijau Karangrena, Bukti Bergerak Pasti Berhasil
sumber gambar: dokpri

Tidak dapat dipungkiri bawasannya yang dibutuhkan dalam setiap bentuk perubahan adalah pentingnya adanya seseorang yang mau bergerak.

Ya memang benar, tidak semua orang rela, bahkan mendedikasikan dirinya menjadi penggerak bagi setiap perubahan yang seharusnya terjadi dimasyarakat sebagai sebuah siklus.

"Kenyatanya hanya sebuah bentuk dari kesadaranlah yang mampu mengerakan manusia, saya kira tidak ada yang lain dari itu".

Namun menjadi pertanyaan sendiri, bukankah hidup membutuhkan suatu perubahan? Dimana menjadi lebih baik ataupun menciptakan yang sebelumnya belum ada menjadi ada merupakan tantangan terbesar bagi masyarakat kita?

Inilah yang seharusnya didorong, bawasanya menciptakan suatu yang berdampak baik pada masyarakat haruslah terus digiatkan dari dan untuk masyarakat itu sendiri.

Supaya ada elmen masyarakat yang mempunyai metalitas sebagai pengerak dimasyarakat menciptakan perubahan yang benar-benar dibutuhkan sebagai akomodasi hidup masyarakat yang lebih baik.

Bukan apa, ketika masyarakat kita menjadi produktif dan inovatif, tentu dalam memandang misi bawasanya hidup masyarakat harus terus bergerak menciptakan suatu yang baru "niscaya" itu pasti mampu dapat dilakukan setiap perwujudannya.

Memang sepele dan tidak harus masyur, setiap perubahan yang ada dimasyarakat secara sederhanapun semua dapat saja menjadi tonggak perubahan.

Tentu seperti halnya pengelolaan sampah untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik, meski sampah sendiri selama ini dipandang sebelah mata oleh masyarakat yang belum terbangun membudayakan sampah sebagai suatu nilai lebih ekonomi dalam rumah tangga.

Oleh sebab itu bertajug menabung sampah menjadi rupiah, Bank sampah Sahabat Hijau Karangrena yang dimotori oleh aktivis masyarakat Basit Wahab dan serta kelompok Ansor-Fathayat ranting Desa Karangrena, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap menjadi bukti bahwa perubahan sendiri diciptakan dari hal kecil yang dapat dilakukan secara sederhana.

"Karena sebelumnya, pengelolaan sampah khususnya di Desa Karangrena, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap masih sangat minim menjadi nilai lebih untuk meningkatan perekonomian masyarakat dan kenyataan tersebut itu tidak dapat ditampik".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN