Mohon tunggu...
KOMiK Community
KOMiK Community Mohon Tunggu... Freelancer - Komunitas Pencinta Film

KOMiK (Kompasianers Only Movie enthus(i)ast Klub) | Komunitas Pencinta Film yang Hobi Nonton dan Nulis. Join Us: Facebook (KOMiK), Twitter (@komik_ksiana), dan Instagram (@KOMiK_Kompasiana).

Selanjutnya

Tutup

Event Komunitas Online Artikel Utama

Ikut Lomba Blog tentang Film Perjuangan dan Film Sejarah Yuk!

17 Agustus 2021   14:55 Diperbarui: 1 September 2021   15:50 586 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ikut Lomba Blog tentang Film Perjuangan dan Film Sejarah Yuk!
Ada kesempatan meraih hadiah dan dibukukan | Sumber: Kolase Dokumentasi KoMiK


Dirgahayu Republik Indonesia!

Hari ini negara tercinta genap berusia 76 tahun. Kemerdekaan ini patut kita syukuri dengan banyak memberikan kontribusi dan berbakti kepada negeri. Oleh karena jika kita menengok ke masa lalu, betapa berat upaya dan pengorbanan para pejuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan ini.

Nah dalam rangka HUT RI dan juga masih dalam rangkaian hari jadi KOMiK, maka KOMiK menyelenggarakan lomba blog tentang film perjuangan dan film berbasis sejarah. Apa bedanya film perjuangan dan film berbasis sejarah?

Film perjuangan bercerita tentang upaya para patriot yang berjuang merebut dan memertahankan kemerdekaan. Contohnya film trilogi "Merah Putih", "Janur Kuning", "Perburuan", serta "Darah dan Doa". Sedangkan film sejarah tidak harus tentang peperangan, bisa tentang sejarah tokoh nasional seperti "Wage", "Soekarno: Indonesia Merdeka",  dan "Kartini".

Masih bingung hendak membuat tulisan apa, berikut topik yang bisa dipilih:

Topik:
1. Ulas Sosok: pemeran atau tokoh dalam film sejarah/perjuangan. Misal siapa yang pantas memerankan Cut Nyak Dien selain Christine Hakim, bagaimana beban mental pemeran dan sutradara film "Kartini"?

2. Opini Perkembangan Film Perjuangan/Film Berbasis Sejarah, misalnya mengapa industri perfilman Indonesia jarang membuat film kolosal berbasis sejarah? Mengapa film "Sultan Agung" kurang lalu?

3. Ulas Film Sejarah/Film Perjuangan Nasional, misalnya sejumlah alasan film "Darah dan Doa" perlu ditonton generasi muda.

4. Harapan, misalnya bagian sejarah/tokoh sejarah/pertempuran mana yang ingin dibuatkan film, misalnya kisah heroik Komodor Yos Sudarso dan pertempuran di Laut Aru.

5. Dan lain-lain yang berhubungan dengan topik film sejarah/film perjuangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Event Komunitas Online Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan