Mohon tunggu...
KOMENTAR
Money

Bisnis | Selamat HUT - JNE, Jaga Layanan Baikmu

23 Januari 2022   02:35 Diperbarui: 23 Januari 2022   04:59 133 2
Bisnis | Selamat HUT - JNE, Jaga Terus Layanan Baik-mu

Soetiyastoko


Persaingan dalam bidang apapun, selalu ada. Persaingan adalah konsekuensi upaya untuk tumbuh dan berkembang, tidak sekedar bertahan.

Demikian pula dalam industri jasa ekspedisi. Inovasi produk layanan adalah suatu keharusan.

JNE memiliki beragam produk layanan ekspedisi dan itu bagian penting "persenjataan" dalam bersaing dengan perusahaan sejenis.

Pengguna jasa ekspedisi, tentu tidak hanya memperhatikan varian produk. Kecepatan, ketepatan waktu, keamanan termasuk keutuhan paket hingga sampai ditangan penerima, Adalah yang utama.

Selain itu adab sopan santun, keramah-tamahan, semangat melayani dari para petugas pengiriman adalah bagian penting perusahaan. Mereka adalah bagian "wajah perusahaan".

Baik yang berada di counter/toko penerimaan barang yang akan dikirim, maupun mereka yang menyerahkan kiriman ke alamat yang dituju. Harus selalu menyadari, bahwa jika sampai salah bersikap. Hingga pengirim atau penerima merasa tidak nyaman, bisa menyebabkan hilangnya seorang pelanggan.

Apalagi jika sampai tersebar di sosial media, dengan cepat akan jadi kampanye negatif.

Jajaran pimpinan harus selalu mengingatkan pentingnya hal diatas.

Sejauh pengalaman penulis, hal-hal diatas, terkesan dan terasa sudah dijalankan oleh tim JNE yang pernah melayani.


Pada dasarnya pelayanan kepada pelanggan harus selalu prima dan tak boleh dibeda-bedakan. Terlebih kepada pelanggan besar, harus ada upaya khusus untuk mempertahankan.

Termasuk harus terus dibangun hubungan personal dengan pemilik, pengendali UMKM. Mengingat saat ini telah bermunculan jasa-jasa kurir yang lain. JNE, tidak boleh lengah.

Setiap karyawan JNE harus, punya rasa memiliki. Harus punya kesadaran pentingnya nama baik perusahaan, bagi kesinambungan pekerjaannya. Nafkahnya.

Harus punya kesadaran, sedang bersaing dengan perusahaan yang lain.

Apapun bisnis atau industrinya, mereka butuh nama baik. Butuh selalu dikenal dan diingat dalam benak jaringan pelanggannya. Harus dalam "top of mind". Butuh bauran promosi yang kuat.

Upaya JNE mengadakan kompetisi konten, yang sedang penulis ikuti ini, termasuk upaya tersebut di atas. Bagian dari upaya marketing yang cerdas. Untuk tetap memimpin pasar. Pihak menejemen JNE patut mendapat acungan jempol.

Bisa disebut "satu langkah besar" di depan para pesaing.

Persaingan akan terus berlangsung, pendatang baru pun berhasrat besar merebut bagian pasar ekspedisi yang tumbuh pesat. Mereka muncul dengan tekad untuk menang. Bukan untuk kalah atau sekedar usaha.

Penulis, melihat perlunya dilembagakan upaya pembinaan UMKM oleh JNE. Termasuk memfasilitasi pernak-pernik terkait ekspedisi.

Misalnya kemasan dan cara-cara pengemasan, sehingga tidak ada volume ruang alat transportasi yang terbuang. Dan hal-hal lain yang membuat saling menguntungkan. Mempertahankan kerjasama jangka panjang.

Sekaligus mempertahankan dan menjaga pangsa pasar yang sudah dimiliki JNE

Keunggulan yang saat ini sudah dimiliki JNE,

Punya banyak cabang dan tersebar di penjuru Indonesia.

Layanan pengiriman yang cepat.

Berbagai pilihan paket dengan tarif ekspedisi ekonomis yang mampu bersaing.

Posisi perjalanan paket-kiriman dapat di cek secara daring.

Punya banyak pilihan produk pengiriman paket.

Menyediakan aplikasi myJNE yang siap membantu pelanggan.

Punya tim layanan pelanggan yang santun, ramah murah denyum dan gesit. Dapat melayani secara offline dan berbagai platform online-digital.

Barang bisa diambil di counter terdekat. Sesuai persetujuan. Hal ini menjadi penting bagi penerima barang, yang pada jam sibuk, tidak berada di suatu alamat. Bekerja atau beraktivitas ditempat lain.

Ada kemungkinan, tidak ada orang yang bisa membantu menerima paket di rumahnya.

Punya layanan bayar di tempat penerima, Cash On Delevery, salah satu fitur yang diinginkan pelanggan JNE.

Para pelaku UMKM, sudah merasakan manfaat layanan JNE.

Jika dimasa-masa lalu sebuah UMKM, "seperti wajib" memiliki tempat usaha di lokasi strategis, dengan menyewa atau membeli. Kini jadi opsional saja sifatnya.

Karena JNE dengan berbagai layanan-nya yang akan menjemput setiap barang yang akan didistribusikan ke buyer atau pun reseller.

Lokasi usaha di tempat strategis itu mahal. Kini sudah bukan kebutuhan mendesak. Itu semua berkat kiprah layanan JNE.

Selamat HUT - JNE, jaga terus layanan terbaikmu.

***

JNE31tahun,
JNEMajuIndonesia
#jnecontentcompetition2021

Pagedangan, Minggu 23 Januari 2022

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun