Mohon tunggu...
KOMENTAR
Cerpen

Cerpen | Perpustakaan di Kampung Halaman

20 Mei 2019   23:36 Diperbarui: 20 Mei 2019   23:44 33 1
Mama: baru bangun ya?...
Ronald: iya mam, ada apa mam?...
Mama: bisa tidak pulang hari ini?.... Mau jualan besok, kasian Abang ipar mu, tidak ada yang membantuin jualan.
Ronald: aduh... Harus kalikah aku pulang, malas kali loh mam
Mama: tolonglah bantu, kan kau tidak kerja lagi, dari pada disana mau ngapain.
Ronald: iya lah mam, pulang pun aku (dengan suara yang agak lesuh dan merajuk)

Ronald sebelumnya adalah seorang guru yang dikeluarkan dari sekolah, karena belum mendapatkan kerja maka Ronald aktif dalam suatu kegiatan organisasi mahasiswa. Ronald adalah salah satu mahasiswa yang aktif dalam organisasi mahasiswa dalam mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah dan juga sering melakukan kegiatan-kegiatan sosial seperti pengabdian masyarakat ke desa-desa.

Siangnya maka Ronald pulang ke rumahnya atas permintaan mamanya waktu itu keberangkatannya tidak sepenuhnya hatinya.
Sesampainya Ronald dirumah, Ronald melihat kondisi yang dulunya adalah warung orang tuanya, kini sudah berdebu dan menjadi sarang bagi laba-laba.
Kondisinya tidak terawat karena bertahun-tahun tidak pernah lagi dibersihkan bahkan tidak pernah ada yang masuk kedalam.

Maka dengan refleks Ronald membersihkan bekas warung itu, barang-barang sisa jualan dulunya di pindahkan dan dirapikan di tempat lain. Debu yang berterbangan membuat Ronald menjadi harus menggunakan masker untuk membersihkannya

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun