Mohon tunggu...
KOMENTAR
Otomotif Pilihan

Meng-Indonesia-kan Kendaraan: Satu Dekade LCGC, dan Era Subsidi Kendaraan Listrik

4 Juni 2023   15:12 Diperbarui: 4 Juni 2023   18:15 382 4
Upaya memiliki industri kendaraan lokal sudah terlihat sejak era, Presiden Soeharto dengan Program Kerjasama Indonesia Jepang, yang melahirkan Toyota Kijang. Hal tersebut berbuah manis, Toyota Kijang terasa seperti mobil Indonesia yang bermerek Jepang, dan menjadi favorit banyak orang Indonesia. Tidak hanya, itu Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kijang juga cenderung tinggi dibandingkan kendaraan-kendaraan lain pada generasinya.

Pada sisi Pahitnya, program Timor justru terasa seperti kebalikan dari Kijang, yaitu mobil luar negeri yang diberi logo Indonesia. Termasuk juga rencana Esemka yang tidak kunjung berhasil dilepas ke pasar.

Terobosan kebijakan untuk memiliki industri kendaraan lokal kembali menggeliat pada akhir era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dengan program LCGC yang beberapa kali dipertajam pada era Presiden Joko Widodo. Pada tahun ini, program LCGC genap berusia sepuluh tahun, pada saat yang bersamaan Pemerintah juga sibuk mengembangkan program kendaraan listrik yang dimulai pada tahun 2019.
   

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun