Mohon tunggu...
KOMENTAR
Inovasi

Churn Rate dan Fenomena Gonta-ganti Nomor HP

22 September 2011   07:38 Diperbarui: 26 Juni 2015   01:44 2964 5

Seberapa sering pengguna telepon seluler di Indonesia ganti nomor HP dan apa tujuannya? Saya barusan berselancar bersamaMbak (dunia) Maya dan menemukan jawabannya. Hasiljalan bareng Mbak Maya kemudian saya tambah dengan pengamatan sendiri, dan saya torehkan di lapak Kompasiana.

Pertama-tama, mari berkenalan dengan Churn Rate. Churn rate adalah istilah yang digunakan dalam dunia telepon seluler, yang artinya adalah tingkat (persentase) berhentinya pelanggan dari operator tertentu karena alasan tertentu dalam satuan waktu tertentu (misalnya tahun). Jadi, bila pada akhir tahun suatu opetaror memiliki 100.000.000 pelanggan dan angka churn rate 2%, itu artinya pada tahun tersebut ada 2.000.000 pelanggan yang hengkang dari operator tersebut. Churn rate adalah indikator ringkat kemapanan operator; makin rendah angka churn rate, makin oke kinerjanya (www.mobileburn.com)

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun