Mohon tunggu...
KOMENTAR
Entrepreneur

Daya Tarik Mie Gacoan yang Bikin Pembeli Datang Lagi Sampe Rela Antre

24 Juli 2022   10:16 Diperbarui: 24 Juli 2022   10:26 1627 4
Siapa yang tidak mengenal brand makanan yang sempat viral ini? Saya rasa dari ujung sabang sampai merauke semua mengenal mie gacoan, walaupun ada yang belom pernah mencoba.

Brand makanan yang buka pertama kali di Malang pada tahun 2016 ini memang beda dari yang lain, ini karena branding mereka yang bisa dibilang sukses.

Tagline yang mereka buat jelas, yaitu mie pedas. Sehingga buat yang lagi kepengen makan yang pedes-pedes bisa langsung cabs ke mie gacoan.

Bahkan ada ibu-ibu ngidam yang bukan lagi ngidam mie pedes tapi mie gacoan, sangking suksesnya branding brand ini sampe calon manusia yang belom lahir sudah mengenal mie gacoan.

Target marketnya pun cukup spesifik, yaitu mahasiswa dan pelajar. Mahasiswa dan pelajar notabene usia-usia produktif dalam bermedia sosial. Mereka senang membagikan aktivitas yang sedang dilakukan ke media sosial, termasuk pas lagi makan mie gacoan baik dine in maupun order secara online. Alhasil membantu mie gacoan dalam mengenalkan produknya ke masyarakat.

Terlepas dari strateginya yang tepat sasaran, mie gacoan berhasil mencuri perhatian saya. Mie gacoan menjadi pelarian saya ketika males masak plus persediaan mie sedap korea spicy chicken goreng di rumah habis.

Walaupun resikonya saya harus rela menunggu sampai perut saya yang tadinya laper jadi kenyang sendiri, but it's okay semua karena gacoan bestiee. Bisa dibilang saya salah satu customer loyalnya mie gacoan.

Ada beberapa hal yang membuat gacoan lebih spesial daripada kompetitornya di mata saya, yaitu :

1. Enak
Kebetulan atau disengaja, cabang pertama mie gacoan di Semarang the best bangettt mereka mampu meyakinkan saya kalau masakannya enak, rasanya bener-bener pas di lidah saya. Saya rela bolak balik rumah-gacoan cuma buat makan mie plus es teh padahal jaraknya lumayan jauh kira-kira 45 menitan.

Ketika mie gacoan membuka cabang barunya dan ndilalah dekat dengan rumah saya, saya sangat excited. Karena ga perlu jauh-jauh lagi buat makan mie gacoan.

Tapiiii ternyata rasa mie gacoan cabang Ngaliyan berbeda dengan cabang sebelumnya ga cuma beda aja tapi beda bangettt, rasanya ga cocok dengan lidah saya.

Sampe sekarang ada 6 cabang mie gacoan di Semarang (setau saya), dan 3 cabang mie gacoan lainnya memiliki rasa sama seperti di cabang Ngaliyan. Berbeda dengan cabang pertama yang rasanya memang enak sehingga recomended (1 cabang lainnya belom saya coba).

Ternyata nggak cuma saya saja yang menyadari hal ini, beberapa teman saya juga sependapat dengan saya.

Dari sini saya berfikir, apakah ini termasuk salah satu marketingnya biar yang melekat di pikiran warga Semarang mie gacoan enak karena first impressionnya enak? Atau cuma kebetulan aja ndilalah yang masak di cabang pertama tangannya lebih berbakat dari cabang-cabang berikutnya?

Entahlah, hal ini masih menjadi misteri di kepala saya. Meskipun begitu saya tetap menganggap mie gacoan enak, mungkin karena sudah terbentuk mindset enak ketika mendengar atau melihat mie gacoan.

2. Harga Murah
Harga mie gacoan menurut saya cukup terjangkau, hanya dengan uang 20.000 saja kita bisa makan kenyang sekaligus minum. Berbeda dengan makan di kebanyakan tempat, uang 20.000 cuma bisa buat beli minum aja.

Harganya juga sesuai dengan target marketnya, pelajar dan mahasiswa. Harga terjangkau dan masakan yang enak memang dambaan para pelajar dan mahasiswa apalagi yang merantau.

3. Bikin Nyaman
Nggak cuma doi aja yang bisa bikin nyaman, mie gacoan juga bisa. Tempat yang bersih, luas, dan sedap dipandang membuat saya betah berlama-lama di sini. Namun sayang, karena konsepnya bukan cafe yang bisa nugas atau kerja di sana jadi setelah makanan serta minuman habis, kita para pelanggan harus segera meninggalkan tempat ini.

Jangan sampe mas mbaknya mie gacoan sok-sok an nyapu di bangku kalian, bahkan sampe ke kolong mejanya. Hal ini pernah saya dapati ketika saya berlama-lama di sini dalam keadaan makanan dan minum udah habis semua tanpa sisa setitik cabe pun.

Mas gacoan waktu itu nyapu bener-bener lama poll sampe saya ewoh, nggak nyaman dan akhirnya saya cabs dari situ. Mungkin karena peminat yang banyak maksutnya biar gantian sama yang lain.

Yang udah makan mie gacoan, minggir. Gantian sama yang lain.

Selain tempatnya yang cozy, visual mie-nya juga menggugah selera, nggak bikin jijik. Bikin nyaman mata pas liat, otak jadi mikirnya aman-aman aja ntar pas mie sampe perut. Lihat foto mie gacoan sedetik aja perut tiba-tiba jadi laper.

Menunya juga bervariasi. Mie pedas di gacoan bukan cuma mie yang pedes gitu aja, tapi ada variasi menunya yang walaupun sama-sama pedes tapi beda rasanya. Juga perbedaan level pedesnya bisa disesuaikan dengan selera pelanggan. Kalo favoritonya saya mie iblis level 3, mie iblis lebih enak dari mie setan.

Nah itu tadi daya tarik mie gacoan di mata saya. Sangat mewakili kalian semua khaan bestieee. Jadi, udah berapa kali ke mie gacoan? Yang belom pernah jangan bersedih ya bestiee, kalian bisa nyobain mie sedap korea spicy chicken goreng yang iklannya oppa siwon biar nggak makan indomie terus.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun