Mohon tunggu...
KOMENTAR
Puisi

Puisi Akrostik Melahirkan Ide Pokok Puisi

21 November 2023   21:58 Diperbarui: 21 November 2023   22:12 161 1

Bagi sebagian orang menulis puisi merupakan hal yang membingungkan, sulit dan bertele-tele, tetapi bagi sebagian lagi, menulis puisi mudah dilakukan. Cukup dengan merenung sedikit, rentetan ide dalam kata-kata tertulis di atas kertas.  Itulah yang mereka cerdas dalam memahami sesuatu. berpikiran. Puisi bagaikan lukisan kehidupan dalam bentuk kata-kata.  Sepertnya banyak hal yang harus diperhatikan agar teks puisi itu sendiri menarik saat dibaca dan mudah dipahami oleh pembaca. Bagi pemula, khususnya yang susah menulis puisi, penulis sarankan berkenalan dulu dengan puisi akrostik. Apa itu puisi akrostik? 

Puisi akrostik adalah sajak atau puisi yang huruf awal dari setiap baris menyusun sebuah kata atau kalimat secara vertikal dari atas ke bawah. Arkostik berasal dari bahasa Yunani, akrostichis, yang artinya sajak dengan huruf awal baris menyusun sebuah kata atau kalimat. Puisi arkostik biasanya membicarakan apa yang menjadi susunan huruf yang membentuk sebuah kalimat di awal baris.

Puisi akrostik menggunakan huruf dalam sebuah kata untuk memulai setiap baris dalam puisi, semua baris dalam puisi menceritakan atau mendeskripsikan topik kata yang penting. Puisi akrostik berbeda dengan puisi lain karena huruf-huruf pertama tiap baris mengeja sebuah kata yang dapat dibaca secara vertikal. Pola rima dan jumlah baris dalam puisi akrostik dapat bervariasi karena puisi akrostik lebih dari puisi deskriptif yang menjelaskan kata yang dibentuk.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun