Mohon tunggu...
Widiyatmoko
Widiyatmoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Aerophile | Aviation Enthusiast

The skies may be between places but the sea is always home to me.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Mengenal Lebih Jauh Tentang VTOL, STOVL dan STOL pada Pesawat

27 November 2022   04:00 Diperbarui: 27 November 2022   04:51 382
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pesawat Bell Boeing V-22 Osprey (foto : Pixabay.com)

Kita sering mendengar istilah VTOL/STOL dan eVTOL/eSTOL pada pesawat (aircraft) dimana mungkin istilah istilah ini membingunkan dengan ditambah istilah lain menyertainya seperti powered-lift serta vectored thrust, serta perbedaan apa antara VTOL dengan helikopter yang sama sama dapat lepas landas secara vertikal pula.

VTOL adalah kepanjangan dari Vertical Takeoff Landing baik itu pesawat yang bersayap tetap maupun bersayap putar (rotary wings) seperti helikopter sehingga pada dasarnya helikopter adalah pesawat VTOL namun tidak semua pesawat bersayap tetap merupakan pesawat dengan kemampuan VTOL.

Pesawat bersayap tetap dengan kemampuan VTOL menggunakan daya angkat secara vertikal layaknya seperti helikopter namun menggunakan sayap tetap untuk fase penerbangan diudara seperti layaknya pesawat konvensional.

Sedangkan daya angkat nya (lift) nya dapat menggunakan dua cara yaitu dengan baling baling seperti helikopter dan ada yang dengan menggunakan vectored thrust dengan mesin jet.

Penerapan vectored thrust atau thrust vectoring pada pesawat terutama pada pesawat tempur adalah sama dengan penerapannya pada roket dan peluru kendali yaitu untuk memanipulasi arah dari daya dorong mesin agar dapat mengontrol ketinggian dan gerak pesawat pada pesawat tempur yang dapat membuat pesawat semakin lincah dan gesit (agile).

Pesawat Yakovlev YAK-38 (foto: Vladimir Rodionov via Wikimedia Commons)
Pesawat Yakovlev YAK-38 (foto: Vladimir Rodionov via Wikimedia Commons)

Pesawat bersayap tetap VTOL pertama yang sukses beroperasi adalah pesawat tempur kelurga Harrier Jump Jet dan variannya yaitu Sea Harrier dan AV-8 Harrier II yang diproduksi oleh Inggris dan Amerika sedangkan dari Soviet dahulu ada pesawat Yakovlev Yak-38.

Jauh sebelum sukses dengan Harrier nya, pihak Inggris sudah pernah memiliki pesawat jet VTOL yaitu Short SC-1 namun hanya sebatas prototype dan bisa dikatakan sebagai cikal bakal dari pesawat Harrier disamping juga pesawat Hawker Siddeley P. 1127.

Pada aviasi militer saat ini, ada dua pesawat VTOL yaitu pesawat Bell Boeing V-22 Osprey yang menggunakan baling baling serta pada pesawat LM F-35 Lighthing II yang menggunakan jet.

Mengapa pesawat bersayap tetap dibuat dengan kemampuan VTOL ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun