Mohon tunggu...
trunkaz
trunkaz Mohon Tunggu... Freelancer - wordsmith Freelancer sustainable tourism

Saya adalah individu yang ingin tahu dan bersemangat yang selalu ingin belajar dan berbagi pengetahuan saya dengan orang lain. Saya adalah pendukung kuat kekuatan pendidikan dan saya selalu mencari cara baru untuk berbagi pengetahuan saya dengan dunia. Saya adalah penulis dan komunikator yang berbakat dengan bakat untuk menjelaskan konsep kompleks dengan cara yang jelas dan ringkas. Saya juga pembicara publik yang berbakat yang mampu memikat dan melibatkan audiens dari segala ukuran. Saya bersemangat tentang berbagai topik, termasuk sejarah, sains, teknologi, dan masalah terkini. Saya selalu siap untuk debat yang bagus dan saya suka belajar hal-hal baru. Saya seorang pekerja keras dan selalu bersedia untuk melangkah lebih jauh. Saya juga pemain tim dan saya selalu bersedia membantu orang lain. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada tim atau organisasi mana pun. Saya adalah individu yang termotivasi dan berorientasi pada hasil yang selalu mencari tantangan baru. Saya bersemangat tentang masa depan dan saya ingin melihat apa yang akan terjadi. Saya yakin bahwa saya dapat mencapai hal-hal besar dan saya berkomitmen untuk membuat dampak positif pada dunia.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Memahami Pesan Kebangsaan di Balik Parade Senja: Penghormatan kepada Pahlawan

10 Oktober 2023   01:11 Diperbarui: 10 Oktober 2023   01:15 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Memahami Pesan Kebangsaan di Balik Parade Senja: Penghormatan kepada Pahlawan

Pendahuluan

Artikel sebelumnya telah membahas Parade Senja, upacara militer yang menghormati para pahlawan dan pejuang bangsa. Dalam tulisan ini, kita akan lebih mendalam memahami pesan kebangsaan yang terkandung dalam Parade Senja dan mengapa ini menjadi momen penting dalam kalender nasional kita.

Pesona Sejarah Parade Senja

Sejarah Parade Senja menunjukkan betapa berharganya kemerdekaan bagi Indonesia. Dilaksanakan untuk pertama kalinya pada tanggal 5 Agustus 2022, saat perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Parade Senja memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang keras untuk membebaskan kita dari penjajahan.

Ketika Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara pada tahun itu, pesan kemerdekaan, persatuan, dan penghargaan terhadap jasa pahlawan semakin ditekankan. Parade Senja bukan hanya upacara militer biasa, tetapi juga momen refleksi tentang sejarah dan nilai-nilai dasar bangsa.

Susunan Acara yang Membekas di Hati

Dalam Parade Senja, susunan acara yang diikuti oleh pasukan TNI dan Polri memiliki makna mendalam. Dari pasukan upacara yang memasuki lapangan hingga penurunan bendera Merah Putih, setiap langkah dan momen di upacara ini menggugah perasaan kita sebagai bangsa. Hening cipta, pembacaan teks Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, semuanya membawa pesan tentang nilai-nilai yang kita pertahankan sebagai bangsa.

Komunitas Kebangsaan

Parade Senja adalah panggilan untuk kita semua untuk menjadi bagian dari komunitas kebangsaan. Ini adalah saat kita merenungkan jasa para pahlawan dan mengambil inspirasi dari semangat perjuangan mereka. Upacara ini juga menunjukkan kepada dunia bahwa TNI dan Polri selalu siap untuk melindungi kedaulatan dan keamanan kita.

Kesimpulan

Parade Senja adalah bukti nyata penghormatan kita kepada para pahlawan dan jasa mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ini adalah pesan kebangsaan yang harus kita pegang erat-erat. Mari kita terus menjaga semangat kemerdekaan, menghormati jasa para pahlawan, dan menjadi bagian dari komunitas kebangsaan yang menjaga keutuhan NKRI. Kemerdekaan adalah harta yang paling berharga, dan kita semua adalah penjaganya.Nuzanthra

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun