Mohon tunggu...
KlikQuick
KlikQuick Mohon Tunggu... Freelancer - Seseorang yang suka mempelajari hal baru
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Seseorang yang suka membaca buku, berita, artikel, dll untuk menambah wawasan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Auto Reply WhatsApp untuk Berbisnis Online

6 Januari 2020   13:17 Diperbarui: 6 Januari 2020   14:52 4190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Membuka toko online memang menyenangkan selain kita bisa menambah pundi-pundi uang dari hasil penjualan secara online, kita juga dapat berinteraksi dengan para pelanggan yang berbeda-beda. Dengan semakin majunya toko online yang dijalankan maka traffic yang datang pun semakin meningkat, dan tentu saja hal tersebut harus diimbangi dengan pelayanan yang baik agar para pelanggan tidak kabur.

Whatsapp biasanya menjadi alternatif yang digunakan oleh para pelanggan untuk menanyakan tentang produk yang dijual di toko online kita. Banyak para pelanggan yang lebih nyaman belanja via Whatsapp terutama yang belanja kepada Online Shop. Padahal Online Shop Tersebut sudah menyediakan web toko online khusus tapi tetap saja pembeli beralih ke Whatsapp untuk menanyakan pertanyaan seputar produk. Banyak alasan yang menyebabkan hal ini terjadi, diantaranya:

1.    Pelanggan ingin memastikan masalah harga dan kepastian stok.

2.    Kepercayaan Penjual.

3.    Ingin lebih banyak bertanya banyak informasi.

4.    Berasumsi bahwa order via web ribet .

5.    Ingin tanya-tanya perihal deskripsi produk dan ongkir, dll.

Tentunya dengan semakin banyaknya pelanggan yang datang, semakin kerepotan kita dalam melayani pelanggan yang bertanya tentang produk secara satu persatu, padahal pelanggan selalu ingin mendapatkan jawaban fast response saat bertanya.

Oleh karena itu opsi untuk menggunakan bot untuk menjawab pesan secara otomatis atau Auto Reply (juga dikenal sebagai autoresponder) sangat dianjurkan. Dengan menggunakan Auto Reply pekerjaan untuk melayani pelanggan menjadi lebih mudah dan praktis, apalagi jika Auto Reply tersebut sudah diintegrasikan dengan database website yang kita kelola.

Jadi pelanggan bisa cek stok via whatsapp secara otomatis bahkan bisa order via whatsapp secara otomatis. Ini bisa jadi akternatif supaya toko online kita bisa buka 24 jam nonstop tanpa harus ada CS, terutama di saat waktu malam dimana jam kerja CS terbatas.

Sudah banyak bot yang dapat menjalankan interaksi dengan user atau pelanggan seperti membalas pesan otomatis secara akurat bahkan ada bot yang sudah canggih dengan tingkat error yang sangat kecil. Namun, tentu saja kita tidak dapat menikmatinya secara gratis, bahkan cenderung dijual dengan sangat mahal untuk bisa mendapatkan bot semacam itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun