Mohon tunggu...
Klik
Klik Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Busana Muslim Ditargetkan Naik 10-15 Persen Tahun Ini

26 April 2019   16:48 Diperbarui: 3 Mei 2019   14:23 38 0 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Busana Muslim Ditargetkan Naik 10-15 Persen Tahun Ini
Presiden Jokowi dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di IIMS 2018 (KOMPAS.com/Ihsanuddin) 

JAKARTA -   Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memprediksi peningkatan untuk penjualan busana muslim 10 - 15 persen terhadap busana muslim pasar domestik. Hal tersebut sepadan dengan semakin luasnya persaingan busana muslim serta mendukung populasi muslim dunia.

"Untuk menjadi pusat mode muslim dunia, produk muslim harus didorong untuk menjadi yang tertinggi di dunia," ucap Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto melalu keterangannya di Jakarta, Kamis.

Meningkatnya target busana muslim pada tahun ini tidak lepas dari pencapaian produk pada 2017 lalu. Data yang didapat, nilai produk busana muslim secara keseluruhan pada tahun 2017 sebesar 13,39 miliar dolar AS atau 8,7 persen.

Sebagai penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki peluang untuk menjadi kiblat fesyen muslim dunia, maka dari itu perlu adanya dorongan untuk produk-produk fesyen dalam negeri," jelas Menteri Perindustrian, ditunjukkan kepada Kompasiana.com.

Tentu hal ini berkaitan dengan mengapa Indonesia saat ini berada di tingkat lima besar negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menambahkan, "kami harus terus mendukung pelaku industri fesyen muslim serta para desainer untuk terus berinovasi dan meningkatkan produktivitasnya dan memperkuat brand-nya agar mampu menembus pasar ekspor tanpa melupakan pasar domestiknya terlebih dahulu."

Menperin optimis,  industri busana muslim semakin tumbuh dan berkembang di Indonesia sehingga dapat memberikan kontribusi signifikan serta menyediakan angin segar terhadap sektor fesyen serta perekonomian Indonesia.

VIDEO PILIHAN