Kandidat

Ganjar Pranowo Jawa Tengah Impikan Bandara di Blora Bisa Menampung Pesawat Besar

7 Juni 2018   04:46 Diperbarui: 7 Juni 2018   04:53 536 0 0
Ganjar Pranowo Jawa Tengah Impikan Bandara di Blora Bisa Menampung Pesawat Besar
dokpri

Dalam masa kepemimpinan Ganjar Pranowo Jawa Tengah sebagai Gubernur sudah ada tiga bandara yang ada di Jawa Tengah yang mengalami renovasi termasuk dengan adanya dua pembangunan bandara baru.

Tentunya yang pertama adalah bandara Ahmad Yani Semarang yang sedang menunggu jadwal perasional saat lebaran tahun ini. Bandara kedua adalah bandara Jendral Sudirman yang ada di Purbalingga yang akan dibangunkan groundbreaking yang telah direncanakan oleh Pak Presiden Jokowi.

Untuk bandara yang ketiga adalah rencananya akn dibangun di Ngloram Blora. Yakni bandara dengan kemampuan menampung kapasitas besar jumlah pesawat besar. Dengan adanya pembangunan bandara ini kedepannya mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Lokasi pembuatan bandara sediri berada di Desa Ngloram, Kecamatan Cepu, Blora. Menurut beliau juga bandara ini akan segera dibangun jika semua persetujuan telah disetujui oleh kementerian perhubungan.

Ganjar Pranowo Jawa Tengah Pantau Langsung Kondisi Wilayah Pembuatan Bandara

Ganjar Pranowo Jawa Tengah langsung turun kelapangan untuk langsung  melihat tempat pembuatan bandara tersebut. rencananya akan dibangun dilahan bekas lapangan Terbang Ngloram yang pernah aktif digunakan tahun 1980-an. Lapangan tersebut adalah asset kementrian ESDM sehingga perlu adanya pemindahan aset ke kementerian perhubungan.

Untuk kondisi langsung terlihat jika bekas lapangan terbang tersebut kondisi andasannya sudah rusak berat, aspal mengelupas.

"Saya sudah bicara dengan menteri perhubungan pengalihan aset dari ESDM ke perhubungam sudah proses, jika sudah selesai bisa segera feasibility study kemudian ada DED-nya dan dikembangkan sampai pembuatan bandara," terang Ganjar.

Ganjar Pranowo Jawa Tengah Jelaskan Jika Pendanaan Pembuatan Badara Berasal Dari Kementrian Perhubungan

Pembiayaan untuk pembangunan bandara sendiri diperkirakan mencapai Rp 80 miliar. Dijelakan juga oleh Ganjar Pranowo Jawa Tengah jika dana tersebut dikeluarkan langsung oleh kementerian Perhubungan.

Tugas Pemprov Jateng dan Pemkab Blora hanya  menyediakan tanah untuk perluasan area bandara Ngloram Dana tersebut meliputi terminal penumpang, apron, atau parker pesawat dan taxiway.

"Kalau nanti jadi, Cepu Blora sampai Bojonegoro bisa memanfaatkan. Ada banyak sumber minyak di sini, maka transportasi cukup cepat bisa masuk ke sini. Pertumbuhan ekonomi jadi bagus untuk Blora dan sekitarnya," pungkasnya

Ganjar Pranowo Jawa Tengah pantau langsung kondisi rencana tempat pembuatan bandara Ngloram serta ingin agar jika bandara ini sudah jadi maka dapat menampung pesawat dengan  muatan yang besar.

sumber https://news.okezone.com/read/2018/04/24/512/1890861/ganjar-pranowo-impikan-blora-menjadi-bandara-besar