Mohon tunggu...
KKN UNDIP DESA KEBONBIMO
KKN UNDIP DESA KEBONBIMO Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Tim II Universitas Diponegoro

Kelompok 1

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bersama Majukan Desa! Kebonbimo Siap Wujudkan Smart Village

15 Agustus 2022   16:55 Diperbarui: 15 Agustus 2022   17:03 94 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kebonbimo, Boyolali (15/07/2022) -- Smart village adalah pembangunan desa yang berbasis penerapan teknologi tepat guna. Konsep Smart village dibutuhkan agar desa mampu mengetahui permasalahan yang ada di dalamnya (sensing), memahami kondisi permasalahan tersebut (understanding), dan dapat mengatur (controlling) berbagai sumber daya yang ada untuk digunakan secara efektif dan efisien dengan tujuan untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya.

Konsep smart village atau desa cerdas mendukung pembangunan desa berkelanjutan. Desa cerdas adalah desa yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar, mempunyai infrastruktur memadai, serta mempunyai pelayanan umum dan pemerintahan yang sangat baik.

Dokpri
Dokpri

Desa kebonbimo merupakan salah satu desa yang dicanangkan menjadi smart village di Kabupaten Boyolali dengan beragamnya potensi yang dimiliki Desa Kebonbimo meliputi sumber daya alam maupun sumber daya manusia. 

Oleh karena itu, mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro 2021/2022 melaksanakan program "Membangun Peran Serta Masyarakat Kebonbimo dalam Mengoptimalkan Smart Village" yang dilaksanakan di Balai Desa Kebonbimo dengan dihadiri oleh para pengurus RT dan RW.

Program ini bertujuan untuk membangun peran serta masyarakat melalui edukasi dan pendampingan dalam mengidentifikasi solusi-solusi yang inovatif dalam rangka mengembangkan layanan dasar maupun pengembangan ekonomi lokal, serta memajukan ekonomi desa supaya desa bisa mengikuti perkembangan teknologi di era modern ini menuju smart village.

Salah satu pengurus yang mengikuti program ini mengatakan bahwa program ini sangat bermanfaat karena mereka mendapatkan banyak pengetahuan dan wawasan baru.  Harapan dilakukannya program ini adalah untuk memajukan perekonomian Desa Kebonbimo di era digital atau modern ini. Dengan penerapan teknologi ini diharapkan desa bisa melakukan berbagai capaian terobosan sehingga memenuhi kualifikasi dalam optimalisasi Smart Village.

Penulis : Kelompok 1 KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2021/2022

Cornelius Glugut Adhi, Adhila Inyustisia, Alma Kamilia Khansa, Isna Rahmawati, Latiefa Achsani Y S, Nabbilah Nofalia Apni, Rama Alya Rozin Pintaka, Safira Alaidha, Selina Aulia Azahra, Shafira Novieta Maqhfirah 

Editor  : Dr. Ana Silviana, S.H., M.Hum.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan