Mohon tunggu...
KKN UM Bulukerto 2021
KKN UM Bulukerto 2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN UM Pulang Kampung Kota Batu

Dokumentasi kegiatan dari KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang Desa Bulukerto 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mengabdi di Tengah Pandemi, Mahasiswa UM Menyulap Wortel dan Talas Menjadi Makanan Kekinian

24 Juli 2021   13:02 Diperbarui: 24 Juli 2021   13:09 39 1 0 Mohon Tunggu...

Batu, 24 Juli 2021. Di tengah-tangah keadaan pandemi yang terbatas, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) yang bertempat di Desa Bulukerto melaksanakan kegiatan pelatihan yang diperuntukkan bagi warga Desa Bulukerto.

Dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat, kegiatan diawali dengan penyampaian informasi mengenai nilai manfaat gizi serta manfaat lainya dari pelaksanaan kegiatan pelatihan ini. Dengan menggandeng ibu-ibu PKK setempat, perwakilan mahasiswa KKN melaksanakan demonstrasi pembuatan pie kekinian yang berbahan dasar dari wortel dan talas atau yang biasa dikenal sebagai mbote. Kegiatan ini didasari dari melimpahnya hasil tani yang ada di Desa Bulukerto serta banyaknya khalayak umum yang menyukai produk pie belakangan ini.

Setelah kegiatan demonstrasi, mahasiswa KKN mendampingi peserta pelatihan dengan untuk melakukan praktik pembuatan langsung dengan bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan disamping bahan utama wortel dan talas. Bahan-bahan tersebut antara lain telur, tepung terigu, tepung agar-agar, dan sedikit gula. Proses pembuatan hanya diperlukan sekitar 30-45 menit saja.

Kegiatan ini diakhiri dengan pendampingan proses pengemasan agar haisl produk yang jadi dapat dijadikan produk ekonomi bagi masyarakat setempat yang dapat dikembangkan secara mandiri maupun secara kelompok.

Penutupan kegiatan dilakukan dengan foto bersama sekaligus penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan peserta. Salah satu peserta mengungkapkan jika merasa senang mengikuti kegiatan ini dan berharap nantinya kegiatan ini dapat terus dilanjutkan. Pernyataan serupa juga disampaikan dari ibu RT/RW setempat sebagai bentuk apreasiasi atas pelaksanaan kegiatan pelatihan ini. Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang sebagai pihak yang mengadakan kegiatan ini mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari seluruh peserta pelatihan.

dokpri
dokpri

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN