Mohon tunggu...
KKN BANJAREJONGANTANG
KKN BANJAREJONGANTANG Mohon Tunggu... Penulisan artikel kegiatan KKN UM 2019

Kami kkn dari um angkatan 2019

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Sosialisasi Manajemen Pemasaran Produksi Hasil Pertanian Desa Banjarejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang

1 Juli 2019   23:10 Diperbarui: 1 Juli 2019   23:15 0 0 0 Mohon Tunggu...
Sosialisasi Manajemen Pemasaran Produksi Hasil Pertanian Desa Banjarejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang
img-20190701-wa0061-5d1a02000d82305fba2ffac6.jpg

Desa Banjarejo Kecamatan Ngantang menjadi salah satu daerah penghasil bawang merah yang cukup banyak dan sebagaian besar warga Desa Banjarejo bermata pencaharian sebagai petani. Di sepanjang jalan, terlihat susunan bawang merah yang bertingkat ditopang potongan bambu dengan dilengkapi terpal atau plastik tebal guna menutup bawang merah ketika hujan turun. Umumnya hasil pertanian berupa bawang merah akan langsung dijual setelah dijemur terlebih dahulu guna memasok kebutuhan bawang merah sebagai bumbu dapur utama. 

Di Desa Banjarejo terdapat kelompok tani yang terdiri dari kelompok tani wanita dan kelompok tani pria, anggota Kelompok Tani Wanita ini bergerak di bidang kewirausahaan. Hasil produksi yang dihasilkan yaitu berupa bawang goreng dan stik bawang, namun ada permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya efektivitas pemasaran produk hasil pertanian yakni bawang merah. Sering terjadi penurunan harga bawang merah yang cukup signifikan ketika panen raya tiba menjadi keluhan petani. 

Selain itu kurangnya sasaran pasar untuk mempromosikan produk bawang merah seperti bawang goreng dan stik bawang juga menjadi permasalahan yang tengah dialami. Salah satu anggota Kelompok Tani Wanita menuturkan bahwa ranah pasar produk olahan bawang merah masih dalam lingkup Kecamatan Ngantang. Kurangnya jaringan dan inovasi pemasaran menjadi faktor utama penghalang perluasan pemasaran produk ke luar Kecamatan Ngantang.

Melalui program sosialisasi yang di selenggarakan oleh mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang mengenai manajemen pemasaran produk yang diselenggarakan pada hari Jumat, 21 Juni 2019. Penyuluhan disampaikan oleh pemateri yang bernama Bapak Buyung Adi Dharma,. S.Ap, M.Ap yang merupakan dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. 

Dokpri
Dokpri
Pemateri memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara pemasaran produk hasil pertanian khususnya bawang merah melalui e-commerce bagi anggota Kelompok Wanita Tani dan PKK Desa Banjarejo. Antusiasme peserta penyuluhan cukup tinggi dikarenakan dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi mereka mengenai strategi pemasaran produk yang diharapkan dapat meningkatkan nilai jual produk yang dihasilkan.

Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada pemasaran produk hasil pertanian dan untuk menindaklanjuti hasil dari penyuluhan manajemen pemasaran produk hasil pertanian, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang memberikan pemahaman tentang akun bisnis berbasis media sosial yang dapat digunakan dalam menjalankan pemasaran hasil produksi Kelompok Tani Wanita di Desa Banjarejo untuk menjangkau wilayah pemasaran yang lebih luas.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x