Mohon tunggu...
KKN MIT14
KKN MIT14 Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kemeriahan Idul Adha di Kalisidi

14 Juli 2022   23:25 Diperbarui: 14 Juli 2022   23:36 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Dokpri
Dokpri

Kemeriahan Idul Adha di Kalisidi

Oleh Nila Nafisatulizza Alfirdaus

Minggu, 10 Juli 2022

Kalisidi- KKN UIN Walisongo Kelompok 35 ikut menghidupkan malam idul adha dengan mengumandangkan takbir di musholla dekat posko KKN yang terletak di RT 04. Para pemuda dan anak-anak sekitar langsung antusias untuk bertakbir juga. Sebagian anggota kelompok menyiapkan makanan untuk memeriahkan malam takbiran. Setealah itu, mereka makan bersama-sama dan melempar tawa melupakan kesedihan karena tidak berlebaran bersama keluarga.

Dokpri
Dokpri

Keesokan harinya kelompok 35 mengikuti sholat idul adha berjamaah di Masjid RT 01 dengan penuh khidmat mendengarkan khutbah yang menerangkan sejarah tentang peristiwa Qurban. 

Kegiatan selanjutnya adalah pemotongan hewan qurban dan membagikannya kepada warga. Kelompok 35 dibagi menjadi 2 untuk mengikuti kegaiatan posyandu di Balai RW dan sebagian yang lain mengikuti pemotongan qurban. 

Pembagian hewan qurban selesai saat menjelang asar dan semua warga yang sudah tercatat sebagai penerima qurban sudah menerima dagingnya. Mereka semua bahagia di hari raya Islam ini. Baik itu orang yang kaya karena bisa berbagi dengan yang lainnya, maupun yang miskin karena bisa menikmati daging qurban yang dimasak sesuai selera mereka. 

Tujuan dari qurban sendiri adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah dan menjalin hubungan harmonis dengan sesama mahluk Allah. Perayaan Idul Adha ini menjadi sangat berkesan bagi warga desa Kalisidi karena partisipasi aktif kelompok KKN Kelompok 35. 

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun